Mau Membuat Greenhouse? Tipe Greenhouse Berikut Akan Membantu Anda!

By | February 25, 2017
manfaat green house

Greenhouse tidak memulu berdesain rumah atau kotak, namun memiliki berbagai macam bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungannya. Untuk daerah tropis seperti Indonesia, desain greehouse cenderung memiliki banyak ventilasi karena suhu udara yang terlalu tinggi. Berbeda dengan desain greehouse untuk empat musim. Mereka lebih berfokus pada bagaimana caranya menutup area pertanian agar udara dingin tidak masuk, serta mempertahankan radiasi sinar infra merah supaya tidak keluar. Ada tiga macam desain greenhouse yang paling disarankan; tipe tunnel, tipe piggy back dan tipe multispan.

Tipe Greenhouse di Daerah Tropis Harus Yang Seperti Apa?

Tipe tunnel
Tipe greenhouse dengan desain tunnel berbentuk lorong yang membentuk setengah lingkaran. Kelebihan desain greenhouse tunnel ini sangat ideal untuk area yang diterpa angin. Disamping itu, desain tunnel sudah terbukti jauh lebih kuat.

Namun, untuk area tropis, desain tunnel memiliki kelemahan pada ventilasi yang kurang. Padahal untuk perkembangan tanaman terlalu banyak infra merah di dalam tidak terlalu baik. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa memakai cooling system agar suhu di dalam greenhouse bisa bergerak keluar.

Tipe piggy Back
Untuk jenis piggy back greenhouse, tipe ini ternyata lebih banyak digunakan didaerah tropis karena ventilasi yang baik. Tipe ini berkebalikan dengan tipe tunnel yang mana bila diaplikasikan untuk areal yang berangin sangat tidak baik akibat banyaknya ventilasi. Disamping itu, tipe ini justru memerlukan dana lebih karena materialnya lebih banyak dari yang lainnya.

Tipe campuran
Untuk tipe greenhouse multispan, tipe ini merupakan campuran desain tunnel dan desain piggy back. Karena desainnya adalah gabungan dari dua tipe, multispan greenhouse memiliki kelebihan yang dimiliki oleh tunnel dan piggy back. Anda tidak lagi perlu bingung soal ventilasi yang cukup serta struktur bangunan yang kuat. Tidak hanya itu, tipe multispan justru lebih hemat sehingga sangat membantu petani yang akan membuat greenhouse yang luas. Sayangnya, Anda sudah pasti membutuhkan waktu yang lebih lama karena prosesnya sedikit lebih rumit.

Baca juga   JENIS BUNGA POTONG SEGAR UNTUK GREEN HOUSE YANG LARIS DIPASARAN

Itulah beberapa tipe greenhouse yang bisa Anda pakai sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan profesional atau orang yang sudah berpengalaman dalam membuat berbagai macam tipe greenhouse agar kerugian produksi bisa diminimalisir. Selain itu, dengan membuat jenis green house yang tepat, manfaat green house jadi bisa lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *