Jeli Membeli Tanah Kavling Murah

Membeli tanah merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan karena kepemilikan properti ini memiliki nilai jual yang tidak akan pernah turun dan akan selalu naik setiap tahun nya mengingat pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat dengan perkembangan manusia yang membutuhkan tempat tinggal akan semakin banyak seiring dengan bertambahnya waktu. Banyak model penjualan yang ditawarkan, tidak hanya penjualan tanah secara konvensional seperti biasa saja, kini model penjualan tanah dalam bentuk kavling juga sedang populer. Tanah kavling murah dapat Anda temukan di berbagai situs internet, cukup mencarinya dengan bantuan search engine di komputer atau gawai Anda dan Anda akan mendapatkan puluhan atau mungkin ratusan situs yang menawarkan tanah dengan jenis ini.

Hal-hal yang perlu dicermati sebelum membeli
Tentunya, jika Anda menginginkan tanah kavling sebagai salah satu investasi jangka panjang Anda, ada hal yang wajib Anda perhatikan dengan seksama agar tidak tertipu. Agar tujuan Anda sebagai pembeli dalam membeli tanah misalnya tanah kavling Surabaya kredit maupun cash terlindungi dan aman serta tidak merugikan pihak penjual maupun pembeli, pemahaman mengenai legalitas yang utuh dan perizinan yang jelas wajib diperlukan. Apabila sertifikat tanah yangakan dibeli masih menjadi salah satu agunan perbankan atau lembaga keuangan lainnya, Anda harus memastikan sertifikat tersebut benar-benar dilepaskan hak tanggungan nya oleh penjual. Sebaiknya pihak penjual sudah melunasi uang yang menjadi hak tanggungan sertifikat tersebut sebelum tanah dijual.

Apabila tanah kavling murah yang akan Anda beli masih dalam proses pengurusan dokumen seperti sertifikat dan sebagainya, Anda harus melihat dan memastikan sendiri keberadaan bukti pengukuran yang telah diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional, sebelum Anda setuju untuk membeli dengan membuat perjanjian jual beli yang mengikat di notaris. Pengecekan bukti pengukuran bertujuan untuk mendapatkan bukti valid mengenai ukuran tanah yang tepat agar tanah kavling dalam sertifikat nanti nya akan sama dengan yang Anda lihat di lapangan. Kejelian sebeum membeli tanah ini bukan berarti kita paranoid, tapi untuk mengetahui kejelasan atas tanah yang akan kita beli karena hal ini menyangkut perguliran uang yang tidak sedikit dan merupakan suatu investasi jangka panjang.

Baca juga   Pertimbangan Sebelum Membeli Tanah Kavling di Depok

Jika tanah kavling murah yang dijual merupakan tanah sawah atau tanah dengan sertifikat letter C, maka sebaiknya Anda menunggu tanah tersebut mendapat ijin pengalihfungsian lahan yang dikeluarkan sesuai regulasi dan resmi sesuai ketentuan dari pemerintah daerah dan mengacu pada undang-undang. Jika ijin telah dikeluarkan maka Anda dapat menggunakan tanah yang sebelumnya sawah tersebut menjadi fungsinya yang lain seperti pemukinan. Anda harus sabar karena bisa jadi pengalih fungsian tidak dapat dilakukan dan tanah sawah tidak dapat dikeringkan tergantung aturan pemerintah daerah. Hal ini tentunya akan merugikan Anda sebagai pembeli, karena tidak dapat membangun bangunan di atas tanah tersebut.

Membeli tanah kavling murah memang menjadi populer karena berbagai keuntungan yang kita dapatkan seperti berbagai fasilitas yang akan kita dapat serta akses jalan yang terjamin. Namun, satu hal lagi yang perlu Anda pastikan adalah tanah kavling tersebut sudah mengantong ijin pemanfaatan tanah dari pemerintah daerah sehingga tata letak kavling yang telah ditentukan sesuai dengan peraturan tata letak RT RW yang diberlakukan oleh pemerintah daerah setempat. Dengan teliti sebelum membeli Anda dapat memastikan bahwa tanah kavling yang Anda beli sesuai dengan regulasi dengan surat-surat yang lengkap.