Cara Membeli Tanah Kavling Malang

By | January 26, 2017
Beli Tanah Kavling Malang

Tanah kavling adalah beberapa bidang tanah yang berada dalam satu kawasan yang dengan sengaja dilakukan pemecahan sertifikatnya, dilakukan baik oleh perorangan maupun badan usaha tertentu. Dalam membeli lahan kavling misalnya tanah kavling Malang pastikan anda membeli melalui badan usaha yang sah ataupun orang yang terpercaya sehingga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Syarat pembelian lahan kavling pada suatu kawasan ataupun membeli dari penduduk biasa sebenernya tidak berbeda, yaitu melibatkan pembeli dan penjual yang sah, objek lahan yang dijual pun harus sah untuk diperjualbelikan, dan menggunakan mekanisme jual beli yang sesuai dengan perundangan sah.

Dalam memilih tanah kavling malang pastinya kita ingin mendapatkan lahan dengan harga murah, mencari tanah murah malang dapat anda lakukan dengan menghubungi beberapa penjual tanah di malang. Setelah mendapatkan lahan yang cocok pastikan anda melakukan hal ini:

  1. Pastikan sertifikat tanah. Jika anda membeli lahan yang sudah bersertifikat pastikan sertifikat tersebut adalah sertifikat yang sah. Cara mengecek sertifikat dapat anda lakukan dengan mengecek ke Badan Pertahanan Nasional (BPN) yang dapat anda lakukan sendiri dengan mengunjungi BPN ataupun dengan meminya bantuan notaris.
  2. Bila tanah belum bersertifikat. Jika anda membeli tanah yang belum bersertifikat dan masih dalam tahap pengurusan sertifikasi anda dapat meminta bantuan notaris untuk melakukan pengikatan jual beli sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan mengikat seperi jangka waktu pastinya terbit sertifikat, mekanisme pembayaran dan pembatalan serta pengembalian.
  3. Pastikan ijin penjualan kavling. Untuk menjual sebuah lahan kavling penjual harus memiliki ijin site plan yang diterbitkan oleh dinas KIMPRASWIL yang selanjutnya memperoleh klarifikasi dari dinas terkait.

Memperoleh tanah kavling malang bukan lah hal yang sulit anda hanya perlu mengetahui syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku sehingga anda tidak tertipu ataupun merugi nantinya. Lihat potensi kavling yang dijual di banyak tempat setelah itu anda dapat memutuskan kavling mana yang akan anda pilih.

Baca juga   Tanah Kavling Murah Sidoarjo Berbagai Tipe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *