Banyak diburu, inilah Penyebab Kenapa Bitcoin Mahal

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 yang dapat ditukarkan menjadi mata uang resmi. Penukaran dapat dilakukan di bursa-bursa Bitcoin. Saat ini, Bitcoin menjadi mata uang virtual dengan harga tertinggi, sehingga banyak diburu oleh masyarakat dunia. Saat artikel ini ditulis, harga 1 keping Bitcoin mencapai USD 4.439,66 atau setara dengan Rp 58.155.243,02. Tinggiya nilai tukar Bitcoin dipengaruhi oleh beberapa faktor, berikut ini peneyebab kenapa Bitcoin mahal.

Kenapa Bitcoin Mahal ?

Permintaan Bitcoin semakin tinggi

Kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Bitcoin menyebabkan meningkatnya permintaan terhadap bitcoin. Bitcoin lebih mudah diakses, dengan lebih banyak pertukaran, lebih banyak pedagang, lebih banyak perangkat lunak maupun perangkat keras yang mendukung sehingga permintaan bitcoin di kalangan masyarakat lebih tinggi dibandingkan mata uang digital lainnya. Selain itu, Bitcoin mata uang digital dunia dapat digunakan di berbagai negara sehingga mudah dalam melakukan transaksi antar negara. Minat yang besar dan permintaan yang tinggi oleh masyarakat menyebabkan semakin mahalnya harga bitcoin.

Jumlah Bitcoin sangat terbatas

Bitcoin telah dirancang untuk diproduksi dalam jumlah terbatas yaitu 21 juta bitcoin. Sampai saat artikel ini diterbitkan, jumlah bitcoin yang beredar sebanyak 16.530.550 keping. Jumlah Bitcoin yang terbatas diiringi dengan jumlah permintaan yang semakin banyak tersebut menyebabkan kenapa Bitcoin mahal.

Nilai tukar yang relatif meningkat

Nilai tukar Bitcoin mengalami fluktuasi setiap waktu dimana dapat terjadi kenaikan atau penurunan. Akan tetapi, berdasarkan grafik nilai tukar Bitcoin yang disajikan oleh Coindesk menunjukkan bahwa cenderung terjadi peningkatan nilai tukar Bitcoin pada setiap tahunnya. Nilai tukar pada saat artikel ini ditulis sebut merupakan nilai tukar Bitcoin paling mahal sejak munculnya bitcoin. Kemungkinan adanya kenaikan nilai tukar Bitcoin menyebabkan banyaknya permintaan yang berdampak pada semakin mahalnya Bitcoin.

Baca juga   Cara Mendapatkan 1 BTC Gratis Dengan Mudah

Itulah tadi sedikit ulasan tentang kenapa Bitcoin mahal yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan investasi maupun transaksi menggunakan mata uang digital.