8 Media Tanam Hidroponik Terbaik

By | January 2, 2017
Media tanam hidroponik zeolit

Hidroponik merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menanam tanaman tanpa menggunakan tanah dalam media tanam nya. Teknik satu ini sangatlah cocok untuk lebih memanfaatkan tanah tanpa memerlukan tanah yang banyak dan lahan yang luas. Hidroponik secara etimologi berasal dari bahasa Yunani dimana terdiri dari kata hidro dan ponos dimana hidro memiliki arti air dan ponos yang berarti panas. Meskipun dalam teknik hidroponik lebih menggunakan air dalam penanamannya namun apabila Kita perhatikan dan hitung, namun jumlah air yang digunakan atau yang diperlukan umumnya lebih sedikit di banding teknik penanaman dengan menggunakan tanah sebagai media tanam nya. Untuk menanaman tanaman dengan teknik hidroponik ini banyak sekali media tanam hidroponik yang bisa di gunakan, dimana diantaranya yaitu aram sekam, spons, rockwoll, coir atau cocopeat, parlite, pasir, kerikil, kapas dan beberapa media lainnya, berikut akan dibahas sedikit mengenai media tanam tersebut.

  1. Yang pertama adalah arum sekam. Arum sekam atau sekam bakar merupakan salah satu media tanam yang umumnya paling banyak digunakan, selain karena kemudahan dalam mencarinya, alasan lain menggunakan arum sekam ini adalah karena kandungannya yang ada di dalamnya bermanfaat untuk tanaman salah satunya yaitu mempunyai daya ikat air yang sangat baik, juga memiliki aerasi yang cukup baik, media organik, pH netral dan sangat baik untuk pertumbuhan akar tanaman juga.
  2. Spons. Spons selain manfaatnya yang digunakan untuk membersihkan perabotan rumah ternyata barang satu ini dapat digunakan untuk media tanam tanaman hidroponik loh. Ya, karena kemampuannya yang baik dalam penyerapan air membuat tanaman yang di tanam di atas media satu ini cenderung memiliki bunga yang tetap segar untuk beberapa waktu.
  3. Rockwoll. Rockwoll merupakan sebuah media tanam hidroponik yang terbuat seperti busa. Bahan satu ini memiliki bobot ringan san serabut yang halus.
  4. Coir/Cocopeat. Coir atau cocopeat merupakan sebuah media tanam organik yang terbuat dari serbuk serut kelapa. Daya seratnya yang cukup tinggi dan pH nya antara 5 sampain 6.8 membuatnya memiliki daya tahan yang lebih baik dan lebih kuat.
  5. Perlite. Perlite merupakan sebuah media tanam hidroponik dimana terbuat dari bebatuan silica. Untuk membuatnya, pertama bebatuan ini dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu yang cukup tinggi. Kelebihan yang dimiliki oleh media tanam satu ini adalah daya serap nya yang sangat baik yang digunakan untuk menyangga akar dan baik untuk pertumbuhan akar.
  6. Pasir. Pasir merupakan suatu bahan yang sering kita jumpai. Pasir yang digunakan untuk teknik satu ini adalah pasir pantai dan pasir pegunungan.
  7. Kerikil. Kerikil biasanya digunakan untuk menanam tanaman dalam pot. Daya serap terhadap air yang baik juga membuat media satu ini sangatlah pas untuk menanam tanaman hidroponik.
  8. Kapas. Kapas sangatlah baik untuk pembibitan atau persemaian dalam tanaman hidroponik.
Baca juga   Berkebun dengan Hidroponik Paralon di Lahan Sempit

Selain delapan media tanam tersebut. Terdapat satu lagi cara dalam menanam tanaman teknik hidroponik. Cara tersebut yaitu dengan menggunakan media tanam hidroponik zeolit.

Media tanam hidroponik zeolit.
Zeolit merupakan sebuah batuan yang mengandung ion logam atau mineral yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Zeolit dapat digunakan sebagai media tanam hidroponik kerana batuan satu ini dapat menyerap air dalam jumlah yang cukup tinggi, dapat mengatur pH dengan baik yang cocok untuk tanaman, dan satu kelebihan lainnya adalah zeolit memiliki butiran yang tidak mudah hancur dan tidak mudah menggumpal sehingga baik untuk perkembangan dan pertumbuhan jaringan akar tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *