Bertani Ala Urban Pakai Media Hidroponik Sederhana

Hidroponik menjadi salah satu pertanian sederhana bagi masyarakat urban karena tidak perlu memakai media tanah. Media yang satu ini bisa dibilang sangat praktis dan mudah dilakukan terlebih hanya membutuhkan beberepa media hidroponik sederhana yang bisa didapatkan di tempat sekitar. Namun, pastikan dulu menemukan media yang tepat dan memiliki karakter khusus seperti mudah menyerap air, struktur gembur, tidak mengandung garam (salinitas rendah) tingkat keasaman yang pas (pH-6-7), memiliki kandungan kapur dan tidak berpotensi memiliki hama. Nah, agar lebih mudah, macam-macam media hidroponik berikut bisa Anda pakai!

Macam-macam media tanam hidroponik sederhana

Spons
Spons bisa menjadi media tanaman hidroponik yang pas karena kemampuannya menyerap air sehingga bila digunakan untuk media tanam akan sangat berguna. Biasanya, spons sering digunakan sebagai salah satu peralatan untuk merangkai bunga.

Arang Sekam
Arang sekam sudah sangat lama digunakan sebagai media hidroponik oleh masyarakat. Cara mendapatkannya bisa dibeli di tempat-tempat penjual bunga atau bibit tanaan. Salah satu keunggulan arang sekam ini adalah daya serap terhadap air dan daya aerasi yang sangat baik. Disamping itu, kadar PH yang pas dan sifatnya yang ramah lingkungan menjadi barang paling difavoritkan oleh peggemar tanaman. Umumnya, pemakaian arang sekam ini sering dikombinasikan dengan cocopeat.

Coir/cocopeat
Cocopeat merupakan media organik yang dibuat dari serbuk saut kelapa. Media organik ini memiliki daya serap air yang tinggi dan tingkat keasaman yang baik, antara 5.0 – 6.8. Karena sifatnya yang bagus, cocopeat mampu membuat tanaman menjadi lebih kuat dan sehat. Untuk penggunaannya sendiri, cocopeat dikombinasikan dengan sekam bakar dengan perbandingan 50:50. Tujuannya adalah agar aerasi media tanam lebih maksimal.

Baca juga   Mau Membuat Greenhouse? Tipe Greenhouse Berikut Akan Membantu Anda!

Serbuk kayu
Serbuk kayu merupakan media hidroponik sederhana yang bisa Anda pakai di rumah. Cuma, serbuk kayu terbatas pada jenis tanaman tertentu. Misalnya jamur. Andapun bisa memakai trik memasang serbuk kay di atas media lain apa bila dirasa kelembapannya kurang.

Hydrogel
Hydrogel sendiri merupakan media hidroponik sederhana yang bisa Anda gunakan karena memiliki kemampuan daya serap air yang sangat bagus. Anda bisa menanam bunga di vas tranparan agar terlihat lebih cantik.

Nah, mudah sekali, bukan? Tentunya, menanam tanaman di media hidroponik sederhana tidak membutuhkan pestisida. Tidak heran tanaman ini menjadi buruan banyak orang. Anda bisa mengembangkannya sebagai ladang bisnis yang baru.