Manfaat Hidroponik untuk Anda dan Lingkungan

By | January 2, 2017
tujuan tanaman hidroponik

Hidroponik merupakan suatu teknik yang di gunakan untuk menanam tanaman tanpa memerlukan tanah sebagai media tanam nya. Teknik satu ini saat ini sudah banyak digunakan karena memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri. Dengan menggunakan teknik hidroponik ini dalam menanam tanaman, para petai penerap sistem ini dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi tanaman meskipun lahan yang digunakan untuk penanaman sistem satu ini sangatlah sempit, Di perkotaan sendiri sudah banyak rumah kaca untuk menyimpan tanaman hidroponik ini guna menyumbang suplai oksigen yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Tanaman hidroponik dapat ditanam dengan menggunakan bekas limbah plastik, bekas paralon, atau pun botol belas berbahan non plastik yang sudah tidak digunakan. Lalu apa sajakah manfaat hidroponik ini? Mari Kita ulas bersama.

Berikut manfaat hidroponik untuk lingkungan dan pula tujuan tanaman hidroponik

  1. Tanaman hidroponik dapat menambah suplai oksigen dan dapat pula membuat udara yang sejuk. Mengapa demikian? Walaupun lahan yang digunakan cenderung sempit namun tanaman hidroponik mampu membuat lingkungan kita sejuk karena tenaman hidroponik ini tidak mengandung unsur kimia dalam pemupukan nya sehingga dapat menimbulkan udara yang lebih segar dan sejuk. Pupuk yang digunakan dalam tanaman hidroponik ini umumnya merupakan berbagai jenis nutrisi yang ramah terhadap lingkungan.
  2. Tanaman yang ditanam dengan sistem satu ini lebih tahan lama dan kuat terhadap hama dan penyakit.
  3. Produksi yang di hasilkan dari teknik penanaman satu ini jauh lebih tinggi dari sedi kualitas dan kuantitas nya.
  4. Tanaman dapat lebih cepat tumbuh dan berkembang.
  5. Lebih mudah dalam hal perawatan dan juga tidak membutuhkan tenaga yang besar dalam merawatnya.
  6. Menghemat tempat (lahan) dan tanah.
  7. Pemupukan dapat lebih efektif dan efisien.
  8. Tanaman hidroponik dapat mencegah polusi udara. Manfaat hidroponik satu ini memang sangatlah penting untuk kawasan perkotaan, udara limbah pabrik, asap rokok, dan asap kendaraan yang sangat banyak. Oksigen yang dihasilkan dari tanaman satu ini dapat digunakan untuk menyuplai oksigen dan mengurangi polusi udara.
Baca juga   Cara Mendapatkan Hidroponik Kangkung Segar

Itulah beberapa manfaat hidroponik baik manfaat hidroponik untuk lingkungan maupun tujuan tanaman hidroponik, semoga dapat bermanfaat dan memberikan wawasan baru untuk Anda yang membacanya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *