Manfaat dan Khasiat Buah Strawberry untuk Pencegah Penuaan Dini (Anti Aging)

Buah strawberry merupakan golongan buah berry dengan kandungan vitamin yang cukup tinggi. Sehingga tidak heran strawberry seringkali diolah menjadi  berbagai macam olahan yang lezat dan nikmat. Dibalik kelezatannya, buah strawberry  ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga dalam bidang kecantikan. Buah strawberry dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan antioksidan yang  baik untuk mencegah keriput. Kini, sudah banyak industri komestik yang menggunakan strawberry sebagai bahan baku pembuatan produk kecantikan. Melalui artikel ini, Kami akan mengulas secara lengkap manfaat dan khasiat buah strawberry untuk mencegah penuaan dini (anti aging).

21 Manfaat dan Khasiat Buah Strawberry untuk Pencegah Penuaan Dini (Anti Aging)

  1. Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah strawberry  sangat baik dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kulit karena bisa mengambil oksigen dalam tubuh. Radikal bebas juga dapat menghancurkan kolagen sehingga memicu munculnya garis halus pada permukaan kulit. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi strawberry bisa menjaga kehalusan kulit dan menghindari penuaan dini.

  1. Regenerasi Sel Kulit Mati

Penuaan dini terjadi karena ketidakmampuan tubuh dalam meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga memicu timbulnya keriput. Buah strawberry memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk meningkatkan produksi sel-sel kulit baru yang mengganntikan sel kulit mati.

  1. Mencegah Jerawat

Buah strawberry ternyata dapat membantu menghilang racun dalam tubuh karena mengandung serat yang cukup tinggi. Serat dalam buah strawberry berperan dalam melancarkan pencernaan dan menghindari sembelit sebagai salah satu faktor yang memicu munculnya jerawat. Jerawat juga terjadi karena adanya kelebihan minyak dalam wajah atau sering disebut sebum. Sehingga peran buah ini adalah mengatasi sebum dengan memberikan nutrisi pada kulit. Ini karena sifat masam dalam buah strawberry dapat menghilangkan minyak berlebih pada kulit.

  1. Anti Aging (Anti Penuaan Dini)
Baca juga   Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Diet! Gampang Cara Buat Resepnya!

Manfaat terbesar buah strawberry dalam bidang kecantikan adalah khasiatnya untuk menghindari penuaan dini. Buah ini memiliki jenis antioksidan asam ellagic yang berperan mencegah kerusakan kolagen tubuh dan pemicu terbesar timbulnya keriput. Khasiat lainnya dari kandungan tersebut adalah kemampuan photoprotective yang berperan mencegah kerutan seperti yang umum terjadi di lipatan mata, dahi, dan bagian tubuh lannya. Inilah alasan mengapa strawberry sering digunakan sebagai bahan baku komestik untuk membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

  1. Perlindungan dari Sinar UV

Seringnya kulit tubuh terpapar sinar matahari dapat mempercepat wajah keriputan, komedo dan timbulnya masalah kulit kusam. Asam ellagic pada buah strawberry ini berguna melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan hal ini sudah pernah diuji dala sebuah riset di Korea pada hewan uji yang diberikan asam ellagic ternyata memiliki risiko keriputan lebih rendah daripada hewan uji yang tidak diberikan asam ellagic.

  1. Mengurangi Permasalahan Kulit Berminyak

Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang normal, bahkan masih banyak yang memiliki keluhan kulit berminyak. Padahal kulit berminyak adalah awal dari segala permasalahan kulit wajah seperti timbulnya komedo dan jerawat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah strawberry dapat mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah serta merevitalisasi kulit.

  1. Pembersih Kulit Alami

Banyak pembersih muka yang dibuat dari campuran alkohol, sehingga pada jenis kulit tertentu seringkali menimbulkan efek samping. Padahal masih banyak pembersih kulit alami, salah satunya strawberry yang memiliki khasiat sebagai pembersih kulit karena memiliki kandungan vitamin C, asam salisilat, exfoliant dan antioksidan. Asam salisilat pada daging buah strawberry berperan untuk menghilangkan sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori. Kandungan asam ellagic pada strawberry juga dapat mempertahankan keremajaan kulit.

  1. Sebagai Toner Kulit
Baca juga   Harga buah-buahan per kg update Februari 2018

Strawberry dapat dijadikan toner wajah yang alami untuk membantu memberikan nutrisi pada wajah Anda. Toner dengan strawberry dapat dilakukan 2 atau 3 hari sekali pada malam hari yaitu dengan cara menghaluskan strawberry dan dicampur dengan air mawar. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghindari keriput pada penuaan dini.

  1. Mengurangi Kantung Mata

Penuaan dini juga ditandai dengan terbentuknya kantung mata dan biasanya berwarna gelap. Zat yang terkandung dalam strawberry mampu mengurangi efek bengkak pada kantung mata dan menyamarkan lingkaran hitam disekitar mata. Untuk manfaat ini, bisa dilakukan dengan cara memotong melintang buah strawberry kemudian ditempelkan di kedua mata sambil berbaring.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pada buah strawberry mengandung asam ellagic yang tinggi. Zat tersebut memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam dan juga menyamarkan noda-noda wajah akibat flek hitam.

  1. Mencerahkan Kulit Bibir

Tidak hanya mencerahkan kulit wajah saja, namun asam ellagic pada buah strawberry juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit bibir yang gelap dan memberikan kelembaban. Caranya cukup dengan membelah buah ini kemudian digosok-gosokan pada kulit bibir.

  1. Memperbaiki Kulit

Kandungan vitamin C pada buah strawberry dapat memperbaiki jaringan yang berperan dalam pembentukan kolagen. Dalam secangkir strawberry memiliki 100% Recommended Daily Allowance (RDA) dari vitamin C yang berperan dalam perbaikan sel kulit.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Buah strawberry saat ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, penggunaan strawberry untuk perawatan kulit dinilai cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Strawberry memiliki kandungan yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara Membuat Masker Strawberry untuk Memelihata Kesehatan Kulit

Baca juga   Harga buah-buahan per kg update Desember 2017

Selain dikonsumsi secara langsung, strawberry dapat digunakan sebagai masker wajah dan kulit untuk hasil yang lebih optimal. Karena dengan menjadikan strawberry sebagai masker, bisa mempercepat penyerapan nutrisi strawberry pada kulit. Berikut cara membuat masker strawberry yang bisa Anda lakukan dirumah.

  • Mengambil 10-15 buah strawberry dan dicuci bersih
  • Dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender
  • Kemudian ditambahkan 2 sendok makan minyak (pilih yang jenis minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Hasil campuran kemudian ditambahkan 1 sendok makan garam yang halus kemudian dioleskan secara merata pada wajah dan digosok perlahan-lahan bisa sambil dipijat-pijat.
  • Diamkan selama 10-15 menit kemudian dicuci dengan air hangat.

Selain dalam bidang kecantikan, strawberry juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Manfaat strawberry untuk kesehatan antara lain:

  1. Asam folat pada strawberry dapat menjaga kesehatan jantung
  2. Menjaga fungsi dan kinerja otak
  3. Menurunkan berat badan yang berlebihan secara alami
  4. Kandungan zat besi strawberry dapat mencegah anemia
  5. Mengandung vitamin K yang menyehatkan tulang
  6. Meningkatkan daya ingat
  7. Upaya pencegahan tumbuhnya jamur
  8. Mengatasi stroke

Itulah manfaat dan khasiat buah strawberry untuk pencegah penuaan dini (anti aging) yang bisa menjadi informasi untuk Anda. Tidak hanya enak dan lezat, namun manfaatnya sangat besar.