Ketahui 30 Manfaat dan Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah  naga atau dalam istilah asing disebut pitaya awalnya berasal dari daratan Meksiko, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan di beberapa negara Asia termasuk di Indonesia. Buah naga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal. Kandungan utama dalam buah naga seperti vitamin C, vitamin B komplek, zat besi dan fosfor. Buah naga merah maupun buah naga putih keduanya memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap 30 manfaat dan khasiat buah naga untuk kesehatan.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

  1. Sumber Antioksidan

Kandungan dalam daging buah naga berperan sebagai sumber antioksidan yang penting untuk tubuh. Zat antioksidan berguna dalam menangkal radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh. Sehingga buah naga bisa dimanfaatkan untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

  1. Pencegahan Kanker

Khasiat buah naga ungu dapat digunakan sebagai upaya pencegahan kanker karena mengandung antioksidan phytoalbumin yang berperan dalam menangkal zat karsinogenik. Kandungan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin-vitaminnya bisa mendorong mengeluarkan logam berat dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat utama mengkonsumsi buah naga yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena zat antioksidan dalam buah naga berperan dalam meningkatan kekebalan tubuh dengan mempercepat metabolisme.

  1. Perawatan Kesehatan Mata

Buah naga merah mengandung beta karoten yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Rutin mengkonsumsi buah naga bisa mencegah mata minus.

  1. Pencegahan Diabetes Melitus

Buah naga memiliki kandungan yang dipercaya bisa mencegah penyakit diabetes. Buah naga berperan untuk membunuh sel-sel jahat yang terakumulasi dalam tubuh karena gaya hidup yang tidak sehat.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan
Baca juga   Harga buah-buahan per kg update Februari 2018

Kandungan B1 dan B2 dalam buah naga membantu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Sehingga bisa dijadikan alternatif stimulant nafsu makan pada buah hati yang memiliki nafsu makan kurang.

  1. Meredakan Batuk dan Asma

Buah naga bukanlah pengobatan utama pada penderita asma dan batuk, namun mengkonsumsi buah naga saat Anda menderita batuk dan asam dapat membantu meringankan penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Nutrisi untuk tulang dan darah
  3. Membantu menurunkan kolesterol tubuh
  4. Melancarkan pencernaan
  5. Memperkuat tulang dan gigi
  6. Mencegah peradangan pada organ
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Meredakan panas dalam
  9. Sebagai pewarna alami makanan yang tidak memberikan efek samping
  10. Menjaga kesehatan syaraf

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

  1. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Manfaat buah naga dalam dunia kecantikan adalah untuk membantu menghaluskan dan memberikan kelembaban pada kulit karena kandungan vitamin B3 tinggi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan buah naga kemudian digunakan sebagai masker kulit wajah, leher dan tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin E dan betakaroten dalam buah naga dapat mencegah penuaan dini dengan menghambat pertumbuhan sel jahat dan meningkatkan regenerasi sel-sel mati. Caranya dengan mencampurkan buah naga dengan segelah air kemudian diblender dan dijadikan masker kulit.

  1. Menghilangkan Jerawat

Buah naga bisa dijadikan alternatif menghilangkan noda jerawat dengan efek seperti melakukan treatment di salon. Caranya yaitu dengan menghaluskan secukupnya buah naga kemudian dioleskan ke bagian wajah yang terdapat jerawat. Untuk hasil optimal, lakukan cara ini 2-3 kali sehari dalam 1 minggu berturut-turut.

  1. Mencerahkan Wajah

Nutrisi yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Tentu  menggunakan buah naga untuk mencerahkan kulit adalah cara alami yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya daripada penggunaan pemutih buatan.

Baca juga   Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Diet! Gampang Cara Buat Resepnya!

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, buah naga memiliki beberapa manfaat berikut ini:

  1. Mengatasi Anemia

Ibu hamil seringkali mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Sehingga dengan mengkonsumsi buah naga merah saat hamil bisa membantu memberikan asupan zat besi dari daging buang naga.

  1. Memberikan Nutrisi Pada Janin

Buah naga diketahui memiliki kandungan yang penting seperti vitamin C yang sangat tinggi, karbohidrat folates, beta karoten dan serat. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk memberikan asupan nutrisi bagi janin.

  1. Melancarkan pencernaan Janin

Kandungan vitamin B1 dalam daging buah naga berperan untuk melancarkan sistem pencernaan pada janin dan menstimulasi pertumbuhan janin.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Bayi

Tidak hanya pada orang dewasa saja, buah naga ditemukan juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bayi. Beberapa manfaat mengkonsumsi buah naga pada bayi antara lain:

  1. Buah naga memiliki tekstur lembut sehingga bisa ditelan dengan mudah pada bayi. Biji buah naga yang ikut tertelan tidak berbahaya bagi bayi karena tidak ikut tercerna.
  2. Sebagai salah satu alternatif pengganti sayur ketika bayi tidak mau memakan sayur. Ini karena kandungan buah naga bisa menggantikan kandungan sayur.
  3. Buah naga mengandung zat pokok yang diperlukan bayi untuk mendukung pertumbuhan. Dalam 100 gram buah naga mengandung 11,5 gram karbohidrat dengan total kalori 60 kkal. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalori sehat paa bayi.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Diet

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, buah naga merah ternyata bisa juga dijadikan alternatif diet sehat, Selain daging buahnya yang enak, buah naga bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Berikut beberapa cara menggunakan buah naga merah untuk diet sehat:

  1. Kombinasi Buah Naga dan Yoghurt
Baca juga   Harga buah-buahan per kg update November 2017

Buah naga yang dikonsumsi bersamaan dengan yoghurt ternyata sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Kombinasi tersebut dapat mendorong pembersihan usus untuk melancarkan pencernaan. Sehinnga buah naga dan yoghurt seringkali dimanfaatkan untuk mengobati sembelit.

  1. Smoothies Buah Naga

Sebagai alternatif diet sehat, buah naga juga dapat dikonsumsi dengan cara smoothies. Smoothies buah naga mengandung 250-350 kalori yang dapat mencukupi kebutuhan kalori harian Anda. Semoothies mirip dengan jus buah naga pada umumnya, bedanya tidak boleh menggunakan gula saat membuat smoothies.

  1. Salad Buah

Menjadikan buah naga sebagai salad buah dengan dicampur dengan buah-buahan segar yang lain juga bisa membantu menurunkan berat badan. Asupan buah-buahan yang sehat dapat melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Setelah berbicara tentang manfaat buah naga, jenis buah naga lain yang juga memiliki manfaat tinggi adalah buah naga putih dan ungu. Keduanya berbeda dari warna daging buahnya. Berikut perbedaan khasiat buah naga ungu dan putih:

Manfaat Buah Naga Putih

  • Dapat menurunkan kadar gula darahn mata
  • Mencegah terbentuknya tumor
  • Menjaga kesehatan mata
  • Memelihara kesehatan mulut
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat Buah Naga Ungu

  • Pengobatan penyakit Thalasemia
  • Sumber atioksidan tinggi
  • Membantuk mendetoksifikasi racun dari tubuh
  • Sangat baik dikonsumsi ibu hamil

Jadi, itulah ulasan tentang 30 manfaat dan khasiat buah naga untuk kesehatan dan juga manfaatnya dalam bidang lain seperti kecantikan dan pertumbuhan janin. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang sedang informasi tentang khasiat buah naga.