Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Diet! Gampang Cara Buat Resepnya!

Ngomong soal diet memang membuat stress semua orang. Tidak hanya wanita, bahkan para pria karena ujung-ujungnya mereka selalu gagal ditengah jalan. Pejuang diet ini biasanya mengontrol asupan kalori di dalam tubuh dengan menjauhi semua makanan jahat seperti gorengan dan makanan yang berlemak. Tidak hanya itu, mereka kerap mengurangi porsi makan. Sayangnya, hal ini justru membuat berat badan naik karena tubuh melakukan balas dendam akibat kekurangan nutrisi. Karena itu, diet yang benar juga harus mempertimbangkan banyak hal, seperti camilan disela jam-jam lapar misalnya. Nah, Anda bisa mencoba memaksimalkan manfaat dan khasiat buah apel untuk diet dengan cara yang kami ulas berikut.

Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Diet

Apel Bagus Untuk Pencernaan

Ingat, tidak semua buah bagus untuk pencernaan. Apa lagi bila ini untuk diet. Anda tidak mungkin mengkonsumsi buah jeruk terlalu sering saat perut sedang kosong karena memiliki kadar asam yang tinggi.

Berbeda dengan buah apel. Anda bisa mendapatkan manfaat dan khasiat buah apel untuk diet dengan mengkonsumsinya setiap hari. Buah apel ternyata terbukti mampu menurunkan berat badan tubuh.

Cara kerjanya simple. Di dalam apel ada komponen yang tidak bisa dicerna dengan cepat sehingga memicu pertumbuhan bakteri yang disinyalir mampu menurunkan berat badan. Dalam situs Foxnews, komponen serat dan polyphenols di dalam apel akan berada di dalam sistem pencernaan sampai terfermentasi di dalam usus. Nah, hasil fermentasi inilah yang nantinya berisi bakteri baik sehingga bagus bila digunakan sebagai pendamping diet. Bakteri-bakteri ini nantinya akan melawan bakteri jahat dan komponen junk food, seperti yang dijelaskan oleh ilmuan Giuliana Noratto.

Buah Apel Memberikan Efek Mengenyangkan

Baca juga   Harga buah-buahan per kg update November 2017

Dilansir dari situs Livestrong.com, sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan di tahun 2009,”Appetite” meneliti tentang diet apple selama 3 hari. Dalam penelitian ini ada dua bagian responden. Responden yang makan buah apel sebelum makan ternyata terbukti mengkonsumsi kalori lebih sedikit ketimbang yang tidak mengkonsumsi buah ini. Hal ini lebih disebabkan oleh serat di dalam buah yang membuat perut terasa penuh dan kenyang lebih lama. Bahkan dalam jurnal “Obesity” tahun 2012 membuktikan bahwa mengkonsumsi serat akan berefek pada penurunan lemak.

Kandungan Gizi Buah Apel Sangat Banyak

Manfaat dan khasiat buah apel untuk diet yang lain adalah kandungan gizinya yang kaya. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin A, kalsium dan bahkan fosfor yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan gigi.

Apel Baik Untuk Jantung

“An apple a day keeps the doctor away”. Nampaknya peribahasa ini bukan isapan jempol belaka. Pasalnya buah ini memang bagus untuk kesehatan jantung dnan mampu menurunkan kolesterol. Bahkan,buah ini mampu mengurangi penyumbatan serta inflamasi di dinding arteri. Ini dikarenakan oleh kandungan pektin dan fitnotrien yang menjauhkan pembuluh darah dari kolesterol.

Mampu Mencegah Kanker

Manfaat dan khasiat buah apel untuk diet memang terasa nyata dan hebat. Bahkan, buah ini sangat bagus untuk mencegah kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kolorektal dan juga esofagus.

Apel Bagus untuk Kesehatan Syaraf

Saat Anda sedang melakukan diet, itu artinya Anda memangkas beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh disamping mengurangi lemak.  Untuknya, Anda bisa mendapatkan manfaat dan khasiat buah apel untuk diet tanpa harus kehilangan nutrisi penting. Misalnya saja, kandungan quercetin pada buah ini sangat bagus untuk perkembangan sel saraf. Zat ini sangat baik untuk mengurangi oksidasi dan peradangan pada neuron otak. Selain itu, memakan apel secara rutin bisa mengurangi resiko Alzheimer dan resiko stroke. Bahkan, ini bukan sekedar mitos, ada penelitian yang membuktikan bahwa pria dan wanita yang mengkonsumsi apel selama 28 tahun mengalami penurunan stroke yang sangat signifikan.

Baca juga   Harga buah-buahan per kg update Desember 2017

Buang Air Besar Lancar

Nah, kita sering sekali kekurangan serat sehingga mengganggu pencernaan. Untungnya apel segar ini kaya serat yang membantu mempermudah pengeluaran tinja. Seperti yang dijelaskan di atas, khasiat buah apel ini sangat banyak. Bahkan sangat bagus untuk detoksifikasi perut karena menghasilkan bakteri baik.

Cara Diet Dengan Buah Apel

Ada banyak sekali cara diet salah satunya diet apel ini. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat buah apel untuk diet tidak boleh sembarangan karena tetap saja harus menggunakan proporsi yang pas.

Dilansir dari Diethics, resep diet ini diklaim bisa membantu metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan hingga 9 lbs selama lima hari. Diet ini merupakan diet rendah kalori namun tetap memperhatikan komponen gizi yang seimbang.

Hari Pertama:

Sarapan, makan siang dan makan malam makan apel sampai 1.5 kg.

Hari Ke-dua:

  • Sarapan – Beberapa buah apel
  • Makan siang – 1 buah apple, salad yang dicampur lemon dan dua lembar keju rendah lemak.
  • Makan malam – Makan beberapa buah apel

Hari Ke-tiga:

  • Sarapan – 1 buah apel, 1 lembar roti gandum dan 1 lembar daging asap rendah lemak
  • Makan siang – 1 buah apel, salad sayuran yang diampur dua buah wortel dan seperempat bawang merah
  • Makan malam: Beberapa buah apel

Hari Ke-empat:

  • Sarapan – 1 buah apel, 1 lembar roti gandum dan 1 lembar daging asap rendah lemak
  • Makan siang – 1 apel, salat sayur rebus tanpa kentang dan 200 gr tuna yang dicampur lemon
  • Makan malam – 1 buah apel dan semangkuk sereal gandum dan susu rendah lemak

Hari Ke-lima:

  • Sarapan – 1 buah apel, telur rebus dan 1 lembar roti gandum
  • Makan siang – 1 buah apel, salad sayur segar dan 200 gr daging panggang atau ayam tanpa kulit
  • Makan malam – beberapa buah apel
Baca juga   Manfaat dan Khasiat Buah Strawberry untuk Pencegah Penuaan Dini (Anti Aging)

Manfaat dan khasiat buah apel untuk diet juga bisa didapatkan dari cuka apel. Namun perlu hati-hati karena sifat cuka yang asam bisa merusak lambung Anda bila tidak dilakukan dengan benar.

Cara Diet dengan Cuka Apel

Tentu saja untuk memperoleh manfaat dan khasiat buah apel untuk diet harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Pertama-tama, Anda harus meninggalkan rokok, soft drink, alkohol, gula dan juga lemak. Yang pasti jangan lupa kunjungi dokter gizi untuk berkonsultasi jenis diet yang pas dan untuk mengetahui apakah jenis diet ini cocok untuk Anda.

Nah, resep diet apel dari Apple Cider Vinegar Detox ini kiranya bisa Anda gunakan.

Resep Detox Dari Cuka Apel

  • 12 gelas air putih
  • 4 sendok makan cuka apel
  • 1 sendok teh kayu manis
  • 4 sendok makan jus lemon
  • 1 cabe rawit (bila suka)
  • 4 sendok makan madu atau 1/2 sendok teh pemanis
  • Irisan apel

*) Campur semua bahan diatas dan tambahkan es batu.

Kalau Anda tidak menyukai resep diatas, cobalah minum 3 sendok teh cuka apel setiap hari untuk membantu mendapatkan seluruh manfaat manfaat dan khasiat buah apel untuk diet.