Langkah Langkah Hidroponik Pada Tanaman Sawi

Apa itu hidroponik? Hidroponik merupakan salah satu cara menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah melainkan dengan air. Memangnya bisa menanam pohon tanpa tanah? Jawabannya, iya. Untuk itulah kali ini kita akan sedikit mengulas tentang langkah langkah hidroponik. Dalam beberapa waktu terakhir ini, cara menanam secara hidroponik memang tengah banyak diminati. Hal ini karena dengan menanam menggunakan air, akan ada banyak kelebihan seperti tidak mudah kotor, dan bisa dilakukan dimana saja tanpa membutuhkan lahan tanah yang luas untuk menanam tanaman.

Beberapa jenis tanaman yang biasanya ditanam secara hidroponik misalanya ada sawi, selada, caisim, paprika, kemangi, tomat, dan jenis tanaman sayur lainnya. Nah bagi anda yang penasaran bagaimana langkah menanam hidroponik yang mudah dan cepat, berikut ini ada beberapa tahapan menanam hidroponik yang bisa anda lakukan di rumah:

Bahan-bahan:

  • Air bersih secukupnya
  • Botol plastik bekas air mineral (kurang lebih yang ukurannya satu liter)
  • Benih sayuran (kali ini kita akan mencoba mengambil contoh benih sawi yang biasanya lebih mudah untuk proses menanam secara hidropnik)
  • Sabut kelapa
  • Sumbu kompor
  • Nutrisi Hidroponik
  • Pisau atau gunting
  • Rockwool

Dalam proses menanam secara hidroponik sendiri terbagi menjadi beberapa tahap yakni pembibitan, pembuatan media tanam, dan perawatan. Untuk proses pembibitan, pertama-tama potong rockwool dan semai 1 biji dalam satu rockwool, basuh dengan air lalu simpan pada nampan di tempat gelap. Jika sudah berkecambah, pindah ke tempat terang dan semprot setiap pagi dan sore selama 2 minggu. Setelah itu baru siap untuk dipindah ke media tanam. Media tanam yang digunakan adalah botol bekas yang sudah dibagi dua, tambahkan sumbu pada bagian atas botol, lalu diatas sumbu isikan arang dan sabut kelapa. Untuk bagian bawah botol tambahkan nutrisi hidroponik. Setelah itu pasangkan botol yang ada tutupnya pada botol plastik yang hanya bagian bawahnya saja. Terakhir, perawatan. Untuk tanaman sawi, perawatannya cukup mudah asal dirawat dengan baik.

Baca juga   Hidroponik Botol dan Segala Kelebihannya!