Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Tanah Kavling

Apa memiliki keinginan untuk membeli properti dalam bentuk tanah kavling? Apa? Uang yang tersedia belum mencukupi? Tenang saja, Anda dapat membelinya dengan cara kredit kok. Berbagai penawaran menarik mengenai kredit tanah kini banyak ditawarkan oleh agen properti terpercaya. Perkembangan bisnis di bidang ini selalu berkembang dengan pusat dan tidak akan surut menjadikan pebisnis selalu tertarik untuk melakukan investasi di bidang ini yang mengakibatkan persaingan dan kreatifitas dagang yang makin meningkat. Apa lagi jika Anda memilih tanah sebagai investasi, Anda bisa menekan biaya perawatan, karena akan lebih murah dibanding tanah dengan bangunan. Namun, Anda juga tidak perlu terburu-buru melakukan kredit tanah kavling begitu menemukan tanah kavling yang Anda sukai dan pas di hati. Ada berbagai hal yang perlu Anda periksa terlebih dahulu sebelum Anda menyesal nantinya.

Teliti sebelum membeli merupakan syarat mutlak
Transaksi jual beli properti merupakan sebuah transaksi properti skala besar yang melibatkan uang yang tidak sedikit, sehingga teliti sebelum membeli merupakan tidakan yang harus diterapkan agar Anda tidak menyesal nantinya dan tanah yang Anda miliki nantinya memiliki nilai jual kembali yang bagus. Yang pertama yang harus Anda perhatian sebelum kredit tanah kavling adalah melihat secara langsung lokasi tanah kavling yang akan Anda beli. Llihat kondisinya terutama jenis tanah dan kontur nya. Sebelum melakukan kredit tanah kavling, perhatikan wilayah sekitar apakah rawan bencana atau tidak, apakah cukup strategis atau tidak, dan bagaimana kira-kira perkembangan kawasan tersebut beberapa tahun ke depan. Sesuaikan dengan tujuan Anda dalam melakukan transaksi jual beli ini. apakah sebagai hunian yang nyaman atau tempat bisnis yang menguntungkan atau tujuan lainnya. Yang kedua adalah memeriksa kelengkapan dokumen seperti surat tanah dan lain sebagainya. Hal ini merupakan hal krusial. Legalitas tanah merupakan faktor utama yang perlu dipastikan ke absahannya termasuk nama pemilik dan seurat pendukung lain seperti surat ijin pengalihan lahan jika perlu.

Baca juga   Bisnis Tanah Kavling Pontianak dengan Prospek Cerah

Walaupun membeli tanah dengan cara kredit tanah kavling tanpa DP ataupun dengan DP tetap harus memperhatikan keabsahan surat tanah yang dibuat oleh Petugas Pembuat Akta Tanah. Bagian PPAT nantinya dapat memeriksakan surat tanah tersebut ke badan pertanahan nasional untuk mengecek apakah surat tanah tersebut asli atau tidak. Dengan melakukannya, Anda akan mengetahui legalitas tanah secara detail baik keaslian surat tanah maupun kondisi tanah apakah sedang dalam sengketa atau tidak. Pastikan suratnya segera berpindah tangan begitu Anda membelinya sehingga tidak akan terjadi masalah dikemudian hari, terutama yang bakal merugikan pembeli.

Yang perlu dilakukan selanjutnya sebelum memulai kredit tanah kavling adalah membuat surat perjanjian atau akad jual beli yang disahkan oleh notaris PPAT sehingga memiliki kekuatan hukum. Syarat yang diperlukan untuk membuat surat perjanjian ini diantaranya adalah tanda pembayaran pajak bumi dan bangunan, surat ijin membangun bangunan, dan sertifikat tanah serta surat keterangan balik nama untuk kepemilikan tanah.

Terakhir, Anda bisa mengurus proses balik nama sertifikat tanah yang akan dikerjakan oleh petugas pembuat akta tanah. Selambat-lambatnya dalam waktu 2 minggu Anda sebagai pembeli sudah dapat memiliki sertifkat balik nama tanah yang Anda beli. Pastikan melakukan hal tersebut sebelum memutuskan kredit tanah kavling ya! Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih jeli lagi sebelum membeli tanah kavling dengan cara kredit maupun tunai agar tidak menyesal di kemudian hari.