KONSTRUKSI GREEN HOUSE SEDERHANA

Membuat green house tidak melulu harus yang mahal dan mewah. Ada banyak bentuk konstruksi green house sederhana yang tentunya tidak menghabiskan biaya yang besar. Begitu pula jika lahan yang Anda miliki sempit dan tidak bisa membuat green house yang besar. Anda dapat membangun green house mini untuk memanfaatkan lahan yang Anda punya, daripada menyewa lahan orang lain yang tentunya menambah pengeluaran tambahan. Lagi pula bentuk dan harga bukan merupakan aspek terpenting dari pembuatan green house itu sendiri. Melainkan, green house harus mampu melindungi tanaman dari serangan hama atau cuaca, serta menyaring intensitas cahaya matahari dan memanipulasi lingkungan tanaman agar tetap stabil kelembaban dan suhunya.

Lingkungan yang stabil dan terkendali ini akan meningkatkan kualitas panen. Tanaman yang ditanam di green house juga lebih cepat panen dibandingkan tanaman konvensional. Dahulu, green house dikenal dengan rumah kaca, namun sekarang kebanyakan green house sudah menggunakan plastik yang jauh lebih murah daripada kaca.

CARA MEMBUAT GREEN HOUSE MINI
Saat ini sudah banyak dijual di toko online green house mini dengan tampilan yang menarik. Namun sebenarnya Anda juga dapat membuatnya sendiri karena caranya sangat mudah dan lebih murah. Berikut langkahnya :

  1. Siapkan alat dan bahan, seperti;
    • Kerangka (dari bambu atau dari kayu)
    • Penutup berupa plastik atau fiberglass
    • Sedikit semen dan pasir
    • Paku dan palu
    • Gergaji
  2. Bentuklah kerangka green house mini dengan bentuk konstruksi green house sederhana sesuai selera Anda.
  3. Buatkan pindakan dari campuran semen pada tiang green house mini agar lebih kuat jika diterpa angin atau gangguan lainnya.
  4. Tutup kerangka tadi dengan penutup plastik atau fiberglass. Jangan lupa pula untuk memberikan pintu di bagian depan green house mini.
  5. Buatkan pula bedeng persemaian atau rak penyimpanan rak di dalam green house.
  6. Kemudian green house mini siap di masukkan tanaman di dalamnya. Mudah bukan?
Baca juga   Ingin Menggeluti Bisnis Pertanian? Kenali Dulu Manfaat Green house Ini!

Pada saat pembuatan green house mini, gunakan material yang mudah dibentuk untuk kerangkanya. Material bambu lebih praktis dan ekonomis. Namun bisa menjadi media tumbuhnya hama dan usia pemakaiannya pun terbilang singkat. Sedangkan penggunaan material kayu memang lebih kuat, namun biayanya lebih mahal dari pada bambu. Pilihlah material yang dapat Anda kerjakan dan sesuai dengan biaya yang anda siapkan.

Bentuk konstruksi green house sederhana juga akan memudahkan Anda dalam pembuatan green house mini. Tidak semua green house harus bentuk rumah- rumahan. Namun, lazimnya yang kita lihat di sekitar kita adalah bentuk tersebut. Sebagai tambahan referensi bentuk, Anda juga dapat membuat green house berbentuk terowongan atau Tunnel yang berbentuk setengah tabung atau berbentuk balok seperti lemari dengan rak-rak tempat penyimpanan bibit di dalamnya.

Konstruksi green house sederhana seperti ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya adalah, dengan ukuran mini seperti ini maka tanaman yang dapat ditampung pun sedikit dan terkhususkan bagi tanaman berbatang pendek saja. Selain itu, nilai investasi green house ini lebih rendah. Namun kelebihannya ialah mudah dipindah tempatkan, tidak memakan biaya yang besar dan tidak mengambil banyak lahan sehingga cocok dimiliki bagi Anda yang memiliki lahan sempit.

Itulah ulasan mengenai konstruksi green house sederhana dan cara membuat green house mini yang sangat mudah untuk dicoba. Selain konstruksinya, Anda juga perlu memperhatikan sistem pengairan dan pengaturan suhu di dalam green house agar kualitas tanaman Anda menjadi semakin maksimal. Selamat menanam!