Keuntungan dan Kelemahan Paypal untuk Bisnis Online

Pelaku bisnis online pasti sudah tak asing dengan istilah Paypal. Paypal sendiri merupakan alat pembayaran yang sering digunakan untuk transaksi pada bisnis online. Paypal adalah salah satu virtual payment yang banyak digunakan karena kemudahannya untuk melakukan transaksi keuangan melalui internet sebagai media pembayaran antara pembeli dan penjual secara online. Rekening Paypal bukanlah jajaran angka seperti nomor rekening pada umumnya, namun Paypal menggunakan email sebagai alat pembayarannya. Lalu apa saja keuntungan dan kelemahan Paypal untuk bisnis online? Simak ulasan berikut.

Ketahui Keuntungan dan Kelemahan Paypal untuk Bisnis Online Berikut ini

Kelebihan Paypal

Salah satu kelebihan Paypal yang terpenting untuk bisnis online adalah untuk melindungi keamanan dan kenyamanan antara penjual dan pembeli. Dengan Paypal pembeli bisa mendapatkan garansi pengembalian uang jika dirasa dalam jangka waktu 45 hari pengajuan komplain barang yang dibeli belum dating atau barang tidak sesuai dengan permintaan, maka perusahaan yang mengeluarkan kartu kredit pembeli akan melakukan chargeback.

Sedangkan untuk penjual akan mendapatkan keuntungan perlindungan dengan menggunakan Paypal. Perlindungan yang dimaksud adalah adanya kebijakan yang ditujukan ke penjual untuk melindungi dari adanya indikasi penipuan karena dalam sistem Paypal setiap pembayaran oleh pembeli akan memiliki catatan bukti pembayaran, baik bukti pengiriman maupun bukti penerimaan uang. Kelebihan lain dari penggunaan Paypal sebagai alat transaksi adalah proses daftar Paypal yang mudah dan cepat. Hanya menggunakan akun email Anda bisa menikmati alat pembayaran ini.

Kelemahan Paypal

Dibalik kemudahan transaksi pembayaran dengan Paypal, ternyata Paypal masih memiliki beberapa kelemahan bagi pembisnis online.

  • Menggunakan Paypal sangat mudah mendapatkan hack. Hal ini karena alat pembayarannya berupa email yang mudah disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab dan bisa menguras habis uang di akun Paypal Anda. Selain itu mulai maraknya email palsu dan web pancingan yang akan dikirim ke email Paypal Anda yang bertujuan untuk mengambil uang Anda di Paypal.
  • Adanya pembatasan akun PayPal juga menjadi kelemahan alat transaksi ini. Anda biasanya akan diwajibkan untuk mengirimkan bukti – bukti dokumen pribadi Anda untuk memulihkan akun Paypal Anda dengan waktu review 3 – 5 hari.
  • Jika Anda ingin menggunakan Paypal maka Anda harus memiliki kartu kredit pada saat verifikasi yang digunakan untuk sumber dana dalam pembiayaan transaksi pembelian atau pengiriman. Hal ini bisa menjadi kekurangan Paypal karena pasalnya cara bikin kartu kredit sendiri cukup rumit dan sulit mendapat persetujuan pihak bank lokal jika sebelumnya Anda belum pernah memiliki kartu kredit.
Baca juga   5 Cara Mudah Affiliate Tanpa Memakai Website

Nah, itulah sedikit ulasan tentang keuntungan dan kelemahan menggunakan Paypal untuk bisnis online. Meskipun Paypal sedang digemari para pembisnis online, namun sebenarnya menggunakan Paypal lebih banyak kekurangannya daripada kelebihannya.