Kelebihan Tanaman Hidroponik untuk Produksi Sayuran Organik

By | December 29, 2016
Keunggulan hidroponik

Tanaman hidroponik merupakan suatu tanaman yang dihasilkan atau dibudidayakan melalui cara salah satu cara yang dikenal dengan sebutan teknik atau cara hidroponik. Hidroponik sendiri merupakan teknik budidaya tanaman dimana memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah untuk media tanam nya dan lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Meskipun lebih memanfaatkan air tanpa tanah, teknik budidaya tanaman satu ini memiliki lebih sedikit kebutuhan akan air dibandingkan dengan tanaman yang ditanam di atas tanah. Hidroponik lebih memilih untuk menggunakan air secara efisien, sehingga salah satu kelebihan tanaman hidroponik ini adalah sangatlah cocok untuk diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Awal mula munculnya teknik penanaman tanaman hidroponik yaitu di mulai tahun 1627 dimana seorang ahli bernama Francis Bacon menulis sebuah buku tentang membudidayakan tanaman yang daratannya tanpa tanah. Lalu di tahun 1699 John Woodward menciptakan percobaan budidaya air menggunakan spearmint yang membuat sangat populernya teknik budidaya satu ini. Kemudian di tahun 1859-1865 mulailah bermunculan percobaan pengembangan teknik budidaya tanaman tanpa tanah. Dan seiring dengan perkembangan zaman mulai muncullah beberapa percobaan teknik pembudidayaan tanaman tanpa harus menggunakan tanah sebagai media tanam nya.

Tanaman hidroponik tentunya memiliki beberapa keunggulan dan keuntungan tersendiri, berikut akan di bahas mengenai kelebihan tanaman hidroponik yang dilihat dalam dua penjelasan yaitu mengenai keunggulan hidroponik dan keuntungan hidroponik. Berikut penjelasan mengenai kedua hal tersebut.

Keunggulan hidroponik diantaranya yaitu

  1. Tidak memerlukan tanah dalam menanam tanaman sehingga tanah dapat lebih sedikit digunakan dan lebih bermanfaat untuk kepentingan lainnya yang lebih penting dan lebih bermanfaat.
  2. Tanaman hidroponik lebih ramah lingkungan dan hemat air.
  3. Lebih menghemat waktu dan lebih dapat memanfaatkan barang bekas karena teknik penanaman menggunakan cara hidroponik ini memanfaatkan botol bekas atau paralon bekas untuk tempat tanaman tersebut.
  4. Pertumbuhan tanaman hidroponik relative lebih cepat dibanding dengan tanaman yang ditanam di media tanah dan juga tanaman tersebut dapat lebih cepat panen.
  5. Tidak memerlukan tempat yang luas untuk penanaman teknik satu ini, sehingga memungkinkan untuk rumah dengan halaman yang tidak terlalu luas masih dapat untuk menanam tanaman dengan teknik satu ini.
Baca juga   Mengulas Bisnis Hidroponik yang Menguntungkan!

Sedangkan keuntungan hidroponik sendiri diantaranya yaitu

  1. Kualitas dan kuantitas produksi lebih tinggi
  2. Penggunaan pupuk dan air lebih efisien
  3. Pengendalian hama dan penyakit lebih mudah
  4. Tidak tergantung pada kondisi tanah dan tidak tergantung pula pada cuaca
  5. Hanya memerlukan tenaga yang sedikit tanpa harus mengolah olah tanah.
  6. Bila membicarakan mengenai nutrisi yang ada pada tanaman hidroponik, tanaman dengan sistem ini memiliki lebih banyak nutrisi dalam tanaman karena asupan yang diberikan dan diserap nya juga lebih banyak.

Itulah beberapa kelebihan tanaman hidroponik bila melihat dari sisi keunggulan dan keuntungan hidroponik. Untuk keberadaan atau penerapan dari sistem pertanaman dengan teknik hidroponik sudah sangatlah banyak. Awalnya di Indonesia sendiri sistem penanaman satu ini digunakan untuk penelitian dan setelah berhasil, kemudian banyak orang menerapkannya untuk menghiasi rumah mereka di halaman maupun delam rumah mereka. Anda juga dapat mencoba menanam tanaman dengan teknik satu ini menggunakan atau memanfaatkan botol-botol bekas di rumah Anda ya guys agar barang bekas seperti botol dapat lebih memiliki nilai guna dan mengurangi limbah.

Sekian artikel mengenai kelebihan tanaman hidroponik semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *