Jenis Hidroponik yang Dapat Anda Coba

Kini ada banyak sekali teknik tanam yang telah diinovasi. Jika pada teknik lama biasanya membutuhkan lahan yang luas, kini telah ada teknik tanam yang disebut dengan hidroponik dengan penggunaan lahan yang sempit. Seperti yang kita tahu jika saat ini luas lahan pertanian semakin sempit sebab lahan yang ada lebih banyak digunakan untuk pembangunan area perkantoran, area perbelanjaan dan juga perumahan. Tapi, dengan teknik tanam hidroponik tersebut, kini area perkotaan bisa memiliki lahan hijau. Hal yang unik dari teknik tanam ini ialah lahan hijau vertikal yang akan dihasilkan. Dalam hal ini, pemanfaatan tembok yang terkena sinar matahari adalah ide tepat. Bagi anda yang tidak suka ribet untuk bercocok tanam, cara ini bisa menjadi sebuah solusi yang sangat tepat.

Kemudian, bervariasinya jenis hidroponik juga membuat banyak orang bisa bebas memilih tanaman apa saja yang akan ditanam. Mulai dari sayuran atau mungkin tanaman hias. Lalu, jenis tanaman apa saja yang sangat cocok untuk teknik hidroponik ini? Agar anda tidak semakin penasaran, simak ulasan lengkapnya seperti yang ada di bawah ini.

Berbagai Jenis Tanaman Hidroponik
Jika bicara mengenai jenis tanaman hidroponik, tentu saja ada beberapa komoditas yang sangat cocok. Seperti yang telah disebutkan di atas jika sayuran hingga tanaman hias sangatlah pas untuk ditanam dengan sistem tanam ini. Pada umumnya, tanaman-tanaman tersebut memiliki batang yang lunak. Tapi, tanaman dengan batang keras pun bisa ditanam dengan cara ini meskipun tidak semua tanaman yang punya batang keras pas dengan hidroponik.

Dalam hal ini, ada beberapa macam tanaman yang sangat tepat untuk sistem hidroponik. Apa saja itu? Yang pertama ialah selada. Sayuran hijau ini memang tidak hanya mudah dirawat tapi juga cepat panen sehingga anda bisa dapatkan hasilnya dengan cepat. Karena termasuk dalam tanaman dengan batang lunak, selada cocok dengan metode hidroponik. Selain itu, ada juga bayam yang sangat pas ditanam menggunakan hidroponik. Seperti yang kita tahu bahwa tanaman bayam yang ditanam di tanah dapat tumbuh subur dan baik. Dengan metode yang satu ini, vitamin yang terkandung dalam bayam pun akan menjadi lebih baik.

Baca juga   Cara Berkebun Hidroponik; Cara Bercocok Tanam yang Mudah

Untuk anda yang suka sawi, jenis sayuran ini pun dapat ditanam menggunakan metode hidroponik tersebut. Harga bibit yang termasuk murah dan juga perawatan yang mudah membuat sawi cocok ditanam dengan metode tersebut. Tidak hanya sawi, kangkung juga nyatanya dapat dijadikan sebagai tanaman hidroponik. Dalam hal ini, kankung hidroponik akan terasa lebih gurih. Ada pun mentimun yang terkenal dengan perawatannya yang cukup sulit dapat ditaman dengan cara hidroponik. Meskipun sedikit sulit, tapi hasil tanaman mentimun hidroponik akan jauh lebih berkualitas. Tomat juga dikenal sebagai tumbuhan yang mudah perawatannya. Dengan teknik tanam tersebut, tomat pun akan memiliki rasa dan kandungan vitamin yang lebih baik.

Umbi-umbian seperti kentang nyatanya dapat ditanam dengan cara ini. Biasanya, kentang yang ditanam merupakan kentang ukuran kecil. Tapi, nanti hasilnya ukuran kentang akan sama seperti ukuran biasa. Jika anda ingin dapatkan wortel dengan kualitas lebih bersih, maka tanam saja jenis umbi-umbian ini dengan cara hidroponik. Selain bersih, wortel pun akan jarang yang busuk. Sayuran lain yang sangat sering digunakan dalam masakan yaitu daun bawang. Dengan menanamnya sendiri secara hidroponik, anda bisa dapatkan daun bawang yang lebih gurih.