Teknik Tanam Hidroponik Vertikal

Saat ini, lahan tanam semakin sempit karena adanya pembangunan yang semakin menjamur. Kebanyakan lahan sekarang dimanfaatkan sebagai bangunan perkantoran serta hunian sehingga lahan hijau menjadi makin sempit dan sulit ditemukan. Tapi, keadaan ini tidak lantas membuat banyak orang tidak bisa menanam berbagai tanaman. Dengan adanya teknik tanam hidroponik vertikal, lahan hijau pun bisa dibuat tanpa harus membutuhkan lahan luas. Lantas, apa itu hidroponik dan bagaimana cara tanamnya? Inilah ulasan singkatnya untuk anda.

Teknik Tanam Hidroponik
Dikenal juga sebagai hidroponik vertikal garden, teknik tanam yang satu ini memang cocok untuk kondisi lahan sekarang yang makin sempit. Seperti namanya, cara penanamannya bukan horisontal seperti pada umumya. Akan tetapi, penyususunan tanaman akan secara vertikal. Penyususunan tanaman seperti ini akan memanfaatkan area dinding dengan halaman yang sempit. Oleh sebab itulah teknik tersebut memang cocok dengan kondisi lahan hijau sekarang. Bahkan, bukan hanya akan membantu memanfaatkan lahan sempit yang ada, tapi juga mempercantik tampilan sebuah halaman rumah misalnya. Hal ini disebabkan karena dalam hidroponik, bukan hanya sayuran saja yang dapat ditanam, tapi tanaman hias pun dapat ditanam dengan gunakan teknik ini.

Cara Tanam Hidroponik yang Mudah dan Kreatif
Kemudian, bicara mengenai hidroponik vertikultur yang satu ini, proses penanamannya pun sangat mudah. Yang harus anda lakukan adalah menyiapkan media tanam, benih tanaman dan beberapa peralatan. Tanah dan juga pot dapat disiapkan. Untuk lebih menekan biaya tanam dengan cara hidroponik, anda bisa memanfaatkan berbagai barang bekas seperti botol untuk dijadikan pot. Inilah salah satu hal mengapa hidroponik sangatlah kreatif. Bukan hanya bisa membuat sebuah area hijau di lahan sempit, tapi dengan teknik ini banyak orang bisa menjadi lebih kreatif untuk memanfaatkan barang yang ada di sekitarnya. Dengan begitu, teknik tanam ini bisa menjadi alternatif yang sangat tepat bagi anda yang hanya memiliki lahan sempit di depan rumah untuk dijadikan sebagai lahan hijau. Bahkan, jika memilih tanaman seperti sayuran, anda pun bisa dapatkan hasil dari hasil hidroponik.

Baca juga   Cara Mendapatkan Hidroponik Kangkung Segar