Cara Tanam Hidroponik Tomat Cherry

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada berbagai macam cara tanam yang dikembangkan. Tentu saja, pengembangan cara tanam yang lebih modern cukup banyak diterapkan saat ini. Dengan kondisi laham yang semakin sempit seperti sekarang, tidak heran jika area hijau menjadi cukup sulit untuk ditemukan. Kebanyakan lahan lebih banyak digunakan untuk pembangunan berbagai macam bangunan seperti perkantoran dan perumahan. Oleh karenanya banyak orang yang memiliki ide untuk membuat sebuah lahan hijau tanpa harus memiliki lahan yang luas. Inilah cara tanam hidroponik. Mungkin anda pernah dengar istilah yang satu ini. Cara tanam yang satu ini merupakan sebuah solusi tepat untuk anda yang tidak memiliki lahan untuk menanam. Berbagai macam tanaman pun bisa ditanam secara hidroponik termasuk hidroponik tomat. Lantas bagaimana cara menanamnya? Berikut penjelasannya.

Cara Tanam Tomat Hidroponik
Cara tanam hidroponik itu sendiri ialah teknik tanam secara vertikal. Jika pada teknik konvensional orang akan membutuhkan lahan yang luas karena teknik penanamannya secara vertikal. Jadi, nantinya hasil cara tanam yang satu ini tidak akan seperti teknik konvensional seperti pada sawah. Akan tetapi, nantinya anda bisa membuat sebuah taman kecil misalnya di tembok halaman rumah. Irit tempat memang. Oleh sebab itulah saat ini banyak orang yang memilih teknik hidroponik sebagai cara bercocok tanam modern yang cukup banyak diminati.
Selain karena pemanfaatan lahan yang tergolong efektif, teknik tanam ini juga sangat mudah dilakukan. Semua orang bisa melakukannya karena caranya yang mudah dan tidak ribet. Tidak perlu memikirkan untuk mencangkul seperti pada sawah, dalam teknik tanam hidroponik, anda hanya harus sediakan tanah. Untuk membuatnya bernutrisi, cukup tambahkan pupuk yang bisa dibeli di toko.

Baca juga   Teknik Tanam Hidroponik Vertikal

Selanjutnya, pemanfaatan barang bekas sebagai media tanam juga dapat dilakukan dalam hal ini. Seperti yang kita tahu bahwa sampah plastik seperti botol minuman sangatlah sulit terurai. Karena itulah botol tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pot atau media tanam yang tepat. Bukan hanya mudah untuk didapatkan, media tersebut juga bisa membantu mengurangi sampah plastik yang ada. Artinya ialah teknik tanam ini membantu banyak orang untuk lebih peduli lingkungan dan juga kreatif dengan memanfaatkan barangbekas di sekeliling mereka.

Kemudian, masalah tanaman yang dapat dibudidayakan dengan cara ini pun cukup banyak. Misalnya saja adalah hidroponik tomat cherry. Tomat sendiri memang telah dikenal sebagai salah satu tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan. Oleh karena itu, tomat khususnya tomat cherry dipilih dalam cara tanam hodroponik ini. Perawatan yang tergolong lebih mudah pun menjadi sesuatu yang menarik. Tidak perlu ribet dengan perawatannya sebab anda hanya cukup untuk menyiram dan memberinya pupuk. Kemudian, masalah panennya juga tergolong cukup cepat sehingga nantinya anda akan dapatkan hasil panen dengan lebih cepat.

Cara Hidroponik untuk Tomat Cherry
Lantas, bagaimana cara menanam tomat dengan hidroponik ini? Caranya jelas sangat sederhana. Yang perlu disiapkan adalah peralatan seperti sekop dan media tanam misalnya botol bekas. Untuk hal lain yang disiapkan untuk hidroponik tomat sederhana yaitu benih tomat dan tanah.

Pertama, anda harus sediakan media tanamnya terlebih dahulu. Susun media tanam secara vertikal di area yang telah ditentukan. Pastikan jika area tersebut terkena sinar matahari sehingga pertumbuhan tanaman dapat maksimal. Lalu, semaikan benih tomat. Rawat tomat dengan cara menyiram dan memberi pupuk dan tunggu waktu panennya.

Baca juga   Pilih Tempat Jual Nutrisi Hidroponik dan Peralatannya