Berkebun dengan Hidroponik Paralon di Lahan Sempit

By | December 29, 2016
Hidroponik Paralon

Perubahan iklim yang kita rasakan setiap tahunnya semakin ekstrim, berbagai bencana terjadi karena perubahan iklim. Panas yang kita rasakan setiap harinya juga semakin meningkat. Sebagai manusia yang hidup di bumi, sudah seharusnya kita ikut serta dalam upaya untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menanam tanaman dirumah. Karena dengan menanam tanaman kita dapat mengurangi CO2 di bumi. Karena tanaman menghirup CO2 dan mengeluarkan okisgen. Selain dapat berkontribusi kita juga dapat membuat rumah kita menjadi nampak asri. Salah satu teknik yang bisa dilakukan adalah dengan hidroponik paralon. Yaitu sebuah teknik dalam menanam tanaman dengan menggunakan paralon dimana media tanah diganti dengan air atau larutan nutrisi.

Menanam dengan teknik hidroponik sekarang ini sedang banyak sekali diminati oleh orang-orang. Alasan mengapa banyak yang ingin melakukan hidroponik adalah karena dapat memanfaatkan lahan yang sempit, selain itu anda juga dapat memanfaatkan alat-alat yang tidak terpakai dirumah anda. memang ada teknik dasarnya, tetapi setiap orang dapat melakukan imporvisasi. Cara yang paling sering dan banyak digunakan adalah dengan menggunakan paralon. Karena dengan satu paralon anda dapat menanam beberapa tanaman sekaligus. Sehingga banyak orang yang mencari tahu bagaimana menanam dengan teknik hidroponik paralon berdiri.

Berikut adalah alat dan cara membuat hidroponik paralon berdiri yang dapat anda lakukan sendiri dirumah :

Alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah paralon dengan ukuran 2,5 atau 3 inchi, mesin bor, penyambung paralon seperti T dan L, netpot, sumbu, dan rockwol. Berikut adalah cara membuatnya :

  • Menentukan terlebih dahulu anda ingin membuat dimensi yang seperti apa. Misalnya anda ingin membuat 20 lubang untuk menanam dengan 4 potong pipa paralon, anda dpaat mengukurnya terlebih dahulu dan memberikan jarak yang tepat agar tanamannya nanti tidak kesempitan pada saat tumbuh nantinya.
  • Membuat lubang dengan mesin bor pada lubang yang telah diukur
  • Kemudian memasang sumbu atau peralatan lainnya yang digunakan untuk menanam dengan teknik hidroponik
  • Kemudian anda dapat menggabungkan dengan paralon T dan L yang telah disiapkan.
Baca juga   Cara Bertanam Hidroponik Sayuran yang Produktif

Teknik yang sangat mudah bukan untuk membuatnya? Anda dapat memilih salah satu jenis tanaman yang ingin anda tanam. Seperti misalnya anda ingin menanam sayuran, maka anda dapat menanamnya. Sayuran sendiri hanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga sampai empat minggu untuk memanennya. Selain membuat rumah nampak asri, anda juga dapat menikmati hasil sayuran yang anda tanam sendiri. selain terjamin kesehatannya, juga terjamin kesegarannya. Anda dapat memetiknya langsung jika sudah dapat dipetik, dan anda tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkannya, hanya perlu ke pekarangan atau lahan kosong dirumah anda yaitu dengan hirdoponik paralon berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *