Cara Mendapatkan Hidroponik Kangkung Segar

By | December 27, 2016
Hidroponik kangkung

Salah satu solusi yang tepat jika anda ingin menanam tanaman dirumah tetapi lahan yang anda miliki terbatas adalah dengan hidroponik. Karena dengan hidroponik anda dapat menanam dengan lahan yang terbatas dan juga dapat membuat rumah menjadi asri. Salah satu tanaman yang umumnya ditanam secara hiroponik adalah kangkung. Cara untuk melakukan hidroponik kangkung tergolong sangat mudah baik juga untuk pemula yang baru mulai belajar melakukan hidroponik. Hidroponik sendiri adalah cara untuk menanam tanaman dengan mengganti tanah menjadi air atau larutan yang berisikan nutrisi. Yang harus diingat adalah tidak semua tanaman dapat tumbuh dengan media air. Sebagan besar yang dapat tumbuh dengan teknik hidroponik adalah sayuran yang memiliki akar serabut. Karena dengan akar serabut tersebut tanaman menjadi mudah untuk mengambil nutrisi yanga da didalam air.

Selain itu sayuran juga memiliki bentuk yang kecil dan masa panen yang cukup singkat. Berikut adalah cara untuk membuat hidroponik kangkung dengan lahan yang terbatas dirumah dan bahan yang sederhana :

  • Alat yang diperlukan adalah : keranjang besek, kaleng plastik bekas cat yang berukuran 5 kg, busa fitler akuarium, dan juga nutrisi AB mix. Selain alat tersebut yang tidak kalah penting adalah benih kangkung dengan kualitas yang baik.
  • Tahapan awal yaitu dengan merendam benih kangkung sebanyak 2-3 sendok makan didalam ar selama kurang lebih satu malam. Pada saat melakukan perendaman, benih kangkung yang direndam harus dibuahi karena tidak mampu melakukan untu tumbuh kecambah. Yang dibutuhkan pada tahap tersebut adalah hanya air bersih saja.
  • Setelah benih sudah siap selanjutnya adalah meletakannya didalam kaleng bekas cat yang berisi air. Pastikan hanya akarnya saja yang mengenai air, sedangkan untuk bagian batangnya, tetap berada diluar jangkauan.
  • Pada saat biji kangkung sudah pecah dan muncul daun lembaga, maka selanjutnya adalah membuang air dan menggantinya dengan larutan nutrisi AB mix 400 ppm. Setelah kangkung berusia lebih dari satu minggu maka langkah selanjutnya dalam hidroponik kangkung adalah dengan meningkatkan nutrisinya menjadi 800 ppm. Karena pada dasarnya tumbuhan membutuhkan banyak unsur hara.
Baca juga   Cara Mudah Membuat Larutan Nutrisi Hidroponik

Anda dapat meletakannya di pekarangan rumah anda walaupun tempatnya tebatas. Anda juga dapat memanfaatan barang-barang bekas dirumah sebagai tempat untuk menanamnya. Anda juga dapat memanennya setelah tiga sampai dengan empat minggu usianya. Hidroponik kangkung banyak dipilih karena caranya yang mudah, selain itu juga dapat menghasilkan tanaman yang dapat dijadikan lauk untuk keluarga dirumah. Selain itu cara hidroponik banya dipilih karena tidak mengkotori daerah disekitarnya dan juga tidak mengkotori kita pada saat membersihkannya karena medianya adalah air. Kelebihan lain dari cara tanam dengan hidroponik adalah dapat menghemat air karena hanya membutuhkan air sebanya 1/20 dari kebutuhan air pada media tanam konvensional.

Hidroponik kangkung dipilih karena caranya sangat mudah untuk melakukannya. Anda juga dapat menghemat waktu dalam menanamnya karena anda tidak perlu menyiraminya setiap hari. Selain itu pertumbuhan tanamannya juga lebih cepat dan kualitasnya juga sangat terjaga. Selain itu tanaman hidroponik juga tidak mengenal musim tanam, sehingga dapat dilakukan kapan saja. Dengan menanam hidroponik anda juga dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi yang diakibatkan dan dihasilkan oleh kegiatan manusia. Anda dapat dengan mudah juga membeli bahan-bahan yang dibutuhkan karena sekarang banya yang menjualnya begitu juga dengan bibitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *