Hidroponik Botol dan Segala Kelebihannya!

Hidroponik botol merupakan salah satu jenis cara bercocok tanam dengan cara hidroponik. Tentunya, Anda mungkin sudah sedikit banyak mengetahui tentang bagaimana cara bercocok tanam hidroponik. Ya, cara bercocok tanam hidroponik memang merupakan cara bercocok tanam yang tidak memerlukan media tanah. Media yang digunakan untuk mengganti tanah biasanya adalah air, sekam, serbuk serabut kelapa, batu bata dan lain sebagainya. Selain itu, dalam membuat tanaman hidroponik, Anda bisa memilih berbagai tempat atau media tempat yang bisa Anda gunakan untuk menanam tanaman yang Anda inginkan. Sebagai contohnya adalah hidroponik botol. Apa itu hidroponik botol dan bagaimana cara pembuatannya? Berikut informasinya untuk Anda.

Cara bertanam hidroponik memang dianggap memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu Anda bisa bebas memilih tempat atau media seperti apa untuk membuat tanaman hidroponik Anda. Salah satu contohnya adalah tanaman hidroponik yang menggunakan botol bekas. Hidroponik botol bekas memang dianggap bisa menyelesaikan dua masalah sekaligus, yang pertama yaitu masalah lahan yang terbatas dan yang kedua yaitu masalah sampah botol yang mungkin bisa seringkali kita temukan. Selain itu, pembuatan hidroponik botol pun cenderung mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Bagaimana cara pembuatan hidroponik dengan botol sebagai tempatnya? Anda tentunya merasa sangat penasaran, bukan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa jenis hidroponik yang satu ini menggunakan botol sebagai media tempatnya. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah botol bekas yang akan gunakan nantinya. Akan lebih baik jika botol yang digunakan adalah botol dengan ukuran 1,5 liter. Dengan adanya botol tersebut, Anda bisa membuat pilihan untuk memotong botol tersebut menjadi dua bagian atau menggunakan seluruh botol tersebut. Tentunya, hidroponik botol itu sendiri mempunyai beberapa jenis dan beberapa bentuk. Bentukan botol tersebut sesuai dengan jenis hidroponik mana yang Anda inginkan. Sebagai contohnya adalah hidroponik yang hanya menggunakan botol bekas yang dipotong menjadi dua bagian, masing-masing bagiannya diisi air dan bagian lainnya diisi sekam dan juga serbuk sabut kelapa. Susunan botol tersebut yang kemudian akan digunakan sebagai media penanaman.

Baca juga   Yuk, Lihat Analisa Usaha Hidroponik Rumahan sebelum Memulai Usaha

Jenis tanaman apa saja yang bisa ditanam dengan media hidroponik botol? Ada berbagai jenis tanaman yang bisa Anda tanam dengan media botol. Jenis tanaman tersebut sebegai contohnya adalah cabe. Anda bisa menanam pohon cabai dengan cara tanam hidroponik. Cabai jenis apapun bisa Anda pilih, seperti cabai merah dan juga cabai rawit sebagai contohnya. Selain tanaman cabai, Anda juga bisa memilih jenis sayuran lainnya, seperti seledri atau bahkan tomat. Jenis sayuran-sayuran lainnya pun termasuk kedalam jenis sayuran yang bisa Anda tanam dengan cara hidroponik. Jadi, tanaman jenis mana yang ingin Anda tanam dengan media hidroponik ini?

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dengan cara melakukan hidroponik yaitu penghematan lahan. Dengan menggunakan media botol untuk bertanam hidroponik sebagai contohnya, Anda bisa melakukan penghematan penggunaan lahan. Selain itu, tanaman hidroponik pun biasanya lebih fleksibel untuk pemilihan tempatnya karena memang tidak tergantung pada media tanah. Hidroponik yang menggunakan botol sebagai medianya pun cenderung memiliki berbagai variasi sendiri dalam pembuatannya. Bahkan tak jarang ada orang yang menggunakan susunan pohon-pohon hidroponik sebagai bagian dari hiasan di dinding luar rumah mereka. Ya, salah satu contohnya yaitu hidroponik botol gantung. Jenis hidroponik yang satu ini bisa Anda coba saat Anda berada di rumah.