Faktor yang Mempengaruhi Harga Tanah Kavling

Tanah kavling merupakan tanah yang sudah dibuat dengan bentuk petak-petak, ukuran petak tanah juga sudah ditentukan. Tanah kavling ini juga dapat dijadikan area perumahan dan juga bangunan lainnya. Jika tanah kavling hendak dijadikan area perumahan maka bentuk tanah kavling pun cukup bermacam-macam disesuaikan dengan letak dari sebuah perumahan pada semestinya. Harga tanah kavling yang ditawarkan juga beragam, namun harganya tetap tidak lebih mahal dari tanah yang dijual dengan tidak dibuat petak karena tanah yang dijual tidak dibuat petak biasanya memiliki luas yang lebih besar dibanding dengan tanah kavling yang dibuat petak. Tanah kavling juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sehingga sebelum melakukan jual beli tanah kavling hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan pembelinya.

Harga Tanah Kavling Tiap Kota
Tanah kavling memiliki beberapa pengertian. Salah satu pengertian tanah kavling yaitu sebuah lahan kosong atau tanah kosong yang berada di jalan buntu. Pengertian dari tanah kavling lainnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Sementara untuk harga jual dari tanah kavling setiap kota berbeda. Perbedaan harga jual tanah kavling ini disebabkan karena perbedaan harga satuan luas tanah masing-masing kota. Selain harga jual beli tanah kavling dipengaruhi oleh harga satuan tanah tiap kota, harga jual tanah kavling juga dipengaruhi oleh peruntukan dari tanah kavling yang akan dijual. Tanah kavling yang dijual dipengaruhi oleh letak tanah kavling. Jika tanah kavling yang dijual dekat dengan sarana umum, maka harganya akan lebih tinggi dibanding dengan tanah yang memiliki lokasi jauh dari sarana umum.

Harga tanah kavling juga dipengaruhi oleh reputasi oleh pemilik bisnis properti. Jika penjual tanah kavling memiliki pengalaman dan reputasi yang baik serta memiliki perizinan yang terpercaya tentunya harga dari tanah kavling juga lebih tinggi daripada pebisnis yang pemula dan belum memiliki reputasi. Pemilihan dari tanah kavling ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. Seperti pertimbangan apakah area dari tanah kavling itu cukup aman atau tidak, jika tidak akan membuat nilai harga dari tanah akan jatuh.

Baca juga   Pertimbangan Sebelum Membeli Tanah Kavling di Depok