PILIHAN GREENHOUSE MURAH DAN FUNGSIONAL

Kehadiran greenhouse merupakan angin segar bagi dunia pertanian kita. Ditengah masalah cuaca, serangan hama, dan berbagai isu zat kimia yang berbahaya pada tumbuhan, greenhouse adalah solusinya. Namun, pengunaan greenhouse baru dimaksimalkan dengan baik oleh institusi pertanian. Banyak yang masih mengira bahwa membuat greenhouse memerlukan biaya tinggi. Padahal, saat ini sudah tersedia beberapa greenhouse murah meriah. Sebab sebenarnya, pembuatan green house dapat kita tentukan sesuai dengan dana yang tersedia.

DESAIN GREEN HOUSE SEDERHANA
Salah satu cara membuat green house murah ialah dengan memilih desain green house yang sederhana. Perlu diperhatikan pula sebaiknya Anda mengantisispasi beberapa kelemahan jika ingin membangun bangunan yang membutuhkan modal tinggi seperti green house ini. Anda pun kedepannya akan ditunutut untuk lebih meemrhatikan dan merawat bangunan ini. Hal ini memerlukan tenaga yang terampil dan konsisten dalam merawat tanaman dan green housenya. Dengan begitu green house ini dapat dioptimalkan dengan baik sesuai fungsinya. Pemilihan material, desain, dan rangka sangat menentukan biaya pembuatannya. Material green house dan bentuknya pun sangat bervariasi. Beda tujuan, beda pula desainnya. Luasnya pun dimulai dari 100 meter persegi hingga 10.000 meter persegi untuk proyek pembudidayaan skala besar. Berikut pilihan desain dan material untuk membuat green house murah:

  1. Shade house (Rumah Naungan)
    Pilihan shade house merupakan desain sederhana. Struktur bangunan ini diliputi oleh rangkaian naungan dari bahan yang dapat menyaring cahaya yang masuk, menjaga kelembaban dan udara tetap bisa masuk melalui celah. Dalam shade house ini, Anda harus mampu memanipulasi lingkungan di dalamnya agar tidak terkena cahaya matahari dengan intensitas tinggi dan tentu dari serangan hama dari luar. Tinggi shade house ini pun tidak melulu harus tinggi seperti kerangka rumah. Tingginya dapat disesuaikan dengan tinggi tanaman yang akan ditanam. Biasanya, sekitar 8 – 9 Meter.
  2. Greenhouse bambu
    Pemilihan material bambu sebagai kerangka green house sangat meringankan biaya. Meskipun begitu, usia penggunaannya relatif singkat daripada material lainnya. Greenhouse murah jenis ini banyak digunakan sebagai greenhouse produksi. Adapun kelemahannya ialah bahan material bambu ini mudah menjadi media timbulnya hama.
  3. Plastik Polyethylene Film sebagai penutup green house.
    Pada dasarnya, pemilihan penutup greenhouse adalah media yang dapat menghantarkan cahaya dengan baik dan media yang tepat adalah kaca atau pastik. Saat ini penggunaan kaca untuk petani menengah ke bawah sudah sangat jarang ditemukan karena harganya yang sangat mahal. Nah, plastik Polyethylene Film ini merupakan plastik yang paling murah jika dibandingkan dengan material lainnya. Namun plastik ini hanya mampu bertahan untuk 1 – 2 tahun itupun dengan perawatan yang intensif. Selain itu, plastik ini juga sangat mudah rusak tersengat sengatan matahari yang tinggi. Bahan ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada desain green house murah.
  4. Menggunakan paranet
    Peran screen yang biasa digunakan pada greenhouse berskala tinggi bisa digantikan dengan paranet. Fungsinya pun sama, yaitu menghalau cahaya matahari yang berlebihan dan memberikan sirkulasi udara bagi tanaman di dalamnya.
  5. Memilih peralatan seperlunya
    Untuk menekan biaya pengeluaran saat pembuatan green house, Anda harus pandai pandai memilih peralatan prioritas yang akan Anda gunakan kedepannya. Karena untuk memulai pembudidayaan melalui green house ini, tidak perlu dengan peralatan lengkap. Cukup memprioritaskan alat apa yang harus Anda miliki. Seperti, alat penyiraman berupa sprinkle, selang, pompa air dan selang PVC. Prioritas alat ini tergantung dari tanaman Anda. Jika tanaman Anda sentisitif dengan intensitas cahaya yang tinggi maka Anda harus memiliki alat pengukur intensitas cahaya. Dan seperti itu seterusnya.
Baca juga   Biaya Membuat Greenhouse Sederhana

Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Begitu kata pepatah. Jangan menunggu banyak uang baru ingin membuat green house. Anda bisa memilih green house murah dan memulai menanam. Selamat menanam!