Inspirasi Gambar Green House Dari Bambu

Penasaran dengan bagaimana cara membuat green house seperti pada gambar green house dari bambu di bawah ini? Yuk simak ulasannya!

Membuat green house sendiri
Gambar greenhouse dari bambu berikut jelas bahan bakunya adalah bambu. Dengan menggunakan bambu sebagai greenhouse dapat mencegah pemanasan global. Rumah kaca yang seluruhnya terbuat dari bambu dapat menangkap karbon dioksida dan menyimpannya. Hal ini karena bambu yang ditanam dapat menyerap CO2 dari atmosfer. Ketika tanaman bernafas dengan CO2 dan hembuskan O2, tanaman mengambil atom C-karbon dan mengubahnya menjadi materi tanaman melalui fotosintesis, lalu menyimpan karbon dalam tubuhya. Ketika tanaman mati dan membusuk, karbon dimakan oleh bakteri atau serangga. Kemudian rumah kaca bambu lah yang berperan sebagai penyerap karbon yang kemudian menyimpan karbon dalam tiang bambu.

Bambu mampu tumbuh 3-7 kali lebih cepat dari pohon pada umumnya. Bambu memiliki jenis yang berbeda dengan pohon lainnya. Bahkan, bambu dapat dikategorikan sebagai rumput. Bambu yang tumbuh paling cepat dapat tumbuh hingga 4 kaki sehari. Bambu dikenal sangat kuat. Bambu ini memiliki dua kali kekuatan beton dan kira-kira rasio yang sama dengan kekuatan baja. Bayangkan saja. Bambu mampu menahan angin kencang dan gempa bumi. Cuaca, rayap dan jamur pun juga tahan. Oleh karena itu rumah kaca dari bambu akan dapat tahan terhadap cuaca, rayap, serta jamur.

Contoh green house
Anda dapat membuat greenhouse sendiri dari bambu seperti gambar green house dari bambu di atas. Rumah kaca bambu dapat seluruhnya terbuat dari bambu. Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis bambu. Anda hanya perlu memotong bagian bawah batang. Anda harus memotong bambu tersebut pada usia yang tepat yakni ketika bambu memiliki zat tepung putih di sekitar bagian bawah. Zat tepung ini biasanya muncul ketika bambu sudah berusia 2 tahun. Anda kemudian perlu memotong-motongnya untuk Anda jadikan kerangka rumah kaca. Jangan lupa, Anda harus menanam bagian pasak bambu dalam tanah agak dalam agar bambu tersebut mampu untuk bertahan saat ada angin kencang. Setelah kerangka siap Anda memerlukan atap. Rumah kaca dapat beratap plastik UV. Salah satu komponen penting adalah bahwa tiang bambu harus dirawat. Anda mungkin perlu menggunakan boraks dan / atau asam borat untuk merawat tiang bambu.

Baca juga   Tips Membuat Greenhouse Untuk Pemula

Anda harus merancang memposisikan rumah kaca sedemikian rupa untuk memastikan bahwa semua energi dapat terserap dengan sempurna. Anda dapat menggunakan ventilasi alami untuk mendapatkan udara serta sinar matahari yang cukup. Udara dan sinar matahari sangat penting bagi tanaman dalam rumah kaca Anda untuk berfotosintesis. Anda dapat membangun rumah kaca setinggi 8 sampai 10 kaki. Tidak hanya itu, tiang bambu harus dirancang sedemikian ruapa agar air hujan dapat cukup mengairi tanaman dalam rumah kaca Anda.

Bagiamana dengan biaya membuat green house bambu? Anda tidak perlu khawatir. Karena untuk sebuah greenhouse yang sederhana, Anda hanya menghabisnya kurang lebih 110 ribuan/m2 saja dibanding jika Anda harus menggunakan baja ringan Anda harus mengeluarkan kocek kurang lebih 400 ribuan/m2. Biaya pembuatan green house bambu terbilang sangat irit bila dibanding dengan pembuatan green house yang lain. Bagaimana? Tertarik untuk membuat greenhouse seperti gambar green house dari bambu di atas?

Demikian contoh green house dari bambu dilengkapi dengan gambar green house dari bambu untuk Anda. Semoga mengobati kebingungan Anda yang ingin membuat greenhouse namun masih kebingungan untuk memilih bahan.