4 cara ubah dapur menjadi eco-friendly atau ramah lingkungan

By | August 17, 2016
dapur minimalis

Isu pemanasan global berpengaruh pada cara membangun dan mengembangkan perumahan saat ini. Salah satunya dengan mengubah dan memodifikasi sesuai desain rumah modern yang eco-friendly. Ada 4 cara mengubah dapur menjadi eco-friendly adalah sebagai berikut

  1. Memasang lampu efisien
    compact fluorescent lamp dan lighting (CFL) sebagai lampu yang cocok sesuai eco-friendly selain itu bisa ditambahkan dimmer switches guna mengatur kebutuhan penerangan sekaligus energinya.
  2. Pemanas air tenaga surya / matahari
    kebutuhan air panas atau hangat di dapur sangat sering mulai dari memasak sampai menyeduh minuman. Biasanya untuk membuat air panas atau hangat harus menyalakan dispenser, dengan adanya pemanas air tenaga surya / matahari tentunya Anda tidak perlu menyalakan dispenser sehingga menghemat energi pastinya butuh daya energi listrik.
  3. Peralatan dapur hemat energi
    Produsen peralatan dapur saat ini diberi fitur hemat energi sesuai standar global. Konsumen pun banyak mencari produk peralatan dapur hemat energi sampai terbuat dari material yang ramah lingkungan sehingga pengeluaran bulanan menjadi berkurang mengingat kebutuhan saat ini sangat banyak.
  4. Material daur ulang
    Gunakan kreativitas Anda untuk membuat sesuatu barang yang bisa didaur ulang misalnya botol-botol, kaleng, dan kardus bekas bisa dibuat tempat menaruh bumbu-bumbu masak atau peralatan masak. Membeli perabotan dapur dan kabinet bisa menggunakan bahan-bahan dari daur ulang semisal kayu bekas sisa bongkaran rumah.

Dapur yang sudah sesuai standard eco-friendly harus disertai perilaku dan kebiasaan agar menciptakan lingkungan yang eco-friendly.

Baca juga   Merubah Rumah Kecil Kelihatan luas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *