Cara Penanaman Hidroponik dan Jenis Tanamannya

Apakah Anda suka untuk melakukan kegiatan berkebun? Dan apakah Anda pernah mecoba cara penanaman hidroponik sebagai cara berkebun yang mudah dan bermanfaat? Bertanam dengan cara hidroponik memang merupakan salah satu cara bertanam yang terbilang cukup mudah dan memberikan banyak sekali manfaat. Ya, cara bertanam hidroponik memang tergolong cukuplah mudah sehingga banyak orang berlomba-lomba dan mencoba untuk memiliki tanaman hidroponik mereka sendiri di rumah. Selain itu, cara bertanam yang satu ini juga bisa digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman dari mulai bumbu-bumbu seperti cabe hingga sayuran. Ingin tahu lebih lanjut tentang bercocok tanam dengan cara hidroponik?
Berikut ini informasinya untuk Anda.

Jenis-jenis Tanaman yang Bisa Dibudidayakan dengan Hidroponik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara penanaman hidroponik ini bisa digunakan untuk menanam beberapa jenis tanaman. Salah satu jenis tananam yang dianggap cukup mudah untuk ditanam dengan hidroponik yaitu selada. Daun selada yang dalam pertumbuhannya tidak memerlukan banyak perhatian membuat tanaman ini cocok untuk di tanam dengan sistem tanam hidroponik. Selain itu, Anda pun bisa memilih jenis tanaman atau sayuran lain yang berdaun hijau. Jenis tanaman atau sayuran tersebut antara lain adalah kangkung, bayam dan juga sawi hijau. Ketiganya bisa Anda coba di media tanam hidroponik. Mentimun menjadi jenis tanaman selanjutnya yang bisa Anda tanam jika Anda ingin menanam dengan cara hidroponik

Cara Bertanam Hidroponik dengan cara Wick
Memang ada beberapa cara untuk membuat media tanam hidroponik. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan cara tanaman hidroponik Wick. Cara tanaman yang satu ini yaitu tanaman hidroponik yang menggunakan botol bekas sebagai media atau tempat tanamnya. Cara yang perlu Anda ikuti pun tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu untuk mencari botol bekas dengan ukuran yang cukup besar. Setelah Anda menemukan botol bekas yang sekiranya pas untuk digunakan, Anda bisa membersihkan botol tersebut. Bersihkan botol tersebut hingga bersih, kemudian potong botol menjadi dua bagian (atas dan bawah). Dua bagian botol inilah yang nantinya akan digunakan sebagai media tanam hidroponik.

Baca juga   Alat Dan Bahan Hidroponik Sederhana yang Diperlukan

Setelah Anda memotong botol menjadi dua bagian atas dan bawah, tumpuklah bagian tutup botol pada bagian bawah botol. Sebelumnya, pada bagian bawah botol berilah lubang sebagai saluran angin atau pernafasan dari tanaman hidroponik nantinya. Sementara pada bagian tutupnya, berikan lubang dan masukkan kain flannel sebagai sumbu dari air dan juga botol bagian atas nantinya. Setelah itu, isi bagian bawah dengan air, sementara bagian atas sebagai tempat sekam atau serabut atau media tanam lainnya sebagai pengganti tanah. Media tanam yang ada di atas bisa siap digunakan untuk menanam jenis tanaman seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang cara tanaman hidroponik ini?