5 Cara Mudah Affiliate Tanpa Memakai Website

Bagi sebagian orang, istilah affiliate marketing mungkin sudah sering terdengar di telinga. Namun untuk sebagian lainnya, istilah ini memang terdengar cukup asing. Affiliate marketing sendiri merupakan  cara pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjualkan produk orang lain secara online. Kegiatan ini bisa disebut sebagai marketing online. Sebagai informasi, kegiatan ini awalnya diprakarsai oleh Amazon. Menurut berita, dulu ada seorang perempuan yang menjual buku dari Amazon. Untuk menanggapi hal tersebut, Jeff Bezos selaku pendiri Amazon, memberikan sebuah link yang memungkinkan perempuan tersebut untuk bisa menjual buku dari Amazon. Dari kejadian inilah, Jeff akhirnya membuat program affiliate yang dikenal hingga saat ini. Selama ini, kebanyakan pelaku affiliate marketing diketahui menggunakan website guna memasarkan produknya. Akan tetapi, ada sebagian orang yang tak memiliki website namun tertarik untuk melakukan kegiatan affiliate marketing ini. Lantas bagaimana cara melakukan affiliate tanpa memakai website baik affiliate tanpa menggunakan website builder atau affiliate tanpa menggunakan website hosting? Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh untuk affiliate marketing tanpa memakai website tersebut.

  1. Menggunakan media sosial

Untuk bisa melakukan affiliate marketing tanpa menggunakan website, Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram hingga LinkedIn untuk bisa memasarkan produk.

  1. Memanfaatkan Sebuah Forum

Memanfaatkan sebuah forum merupakan salah satu cara affilate tanpa memakai website. Anda bisa memasarkan produk affiliate marketing dengan memanfaatkan beberapa forum yang memiliki jumlah pengunjung atau anggota yang lumayan banyak. Contoh dari forum-forum tersebut yaitu Kaskus, Detik Forum, indowebster hingga Kompasiana. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan beberapa peraturan yang ada di forum-forum tersebut, karena ada sebagian forum yang tak mengijinkan Anda untuk memasarkan produk.

  1. Pemasaran Menggunakan Email
Baca juga   5 Cara Mudah Affiliate Tanpa Memakai Website

Salah satu keistimewaan jika Anda memiliki email list yang cukup banyak yaitu bisa menjadi jalan untuk mempromosikan produk affiliateAnda. Sebelum mulai memasarkan produk Anda, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Misalnya saja perihal desain, subject hingga isi email Anda.  Produk yang sering dipasarkan melalui jalan ini yaitu e-book.

  1. Menggunakan Messenger

Cara keempat melakukan affiliate tanpa memakai website yaitu dengan menggunakan messenger. Selain media sosial yang umum digunakan, kini Anda bisa memanfaatkan messenger. Hampir seluruh bentuk messenger yang diinstall di smartphone kini sudah memiliki timeline. Misalnya saja BBM atau LINE. Dalam messenger tersebut, Anda bisa membagikan atau memasarkan produk affiliate yang dikehendaki. Selain memanfaatkan timeline, Anda juga bisa membuat grup yang terdiri dari beberapa orang pelanggan yang sudah pernah membeli produk affiliate Anda, sehingga proses promosi lebih efektif.  Anda juga bisa memantau siapa pelanggan setia dengan menggunakan cara ini.

  1. Buat Artikel

Anda yang ingin mempromosikan produk affiliate namun tak memiliki website masih bisa menggunakan article directories secara gratis. Cara yang harus dilakukan untuk affiliate tanpa memakai website ini yaitu dengan cara menulis artikel yang berisikan informasi mengenai produk yang Anda jual. Tulisan tentu saja harus informatif dan menarik. Dengan begitu, Anda bisa menarik pengunjung lumayan banyak di article directories tersebut.

Itulah 5 cara affiliate tanpa memakai website yang bisa Anda lakukan. Anda tak perlu merasa khawatir tidak bisa menjual produk karena terkendala masalah kepemilikan website. Karena nyatanya, tanpa website pribadipun Anda masih bisa melakukan promosi produk Anda.