Cara Mining Bitcoin Crypto Currency dengan GUI

Kasus ransomware WannaCry yang meminta tebusan kepada komputer yang diserang dengan mata uang bitcoin beberapa waktu lalu sangat meresahkan. Terlepas daripada itu, bitcoin adalah mata uang virtual yang dapat diuangkan dan dianggap sangat menguntungkan jika diinvestasikan. Cara mining bitcoin crypto currency bahkan sempat merebak dan marak karena keuntungan memiliki bitcoin yang sangat menjanjikan.

Crypto currency sendiri merupakan mata uang yang bersistem desentralisasi dan terenkripsi yang dapat ditransferkan lewat jaringan peer to peer dan dikonfirmasi sebuah ledger melalui proses yang sering dikenal dengan sebutan mining atau menambang.

Sebagai informasi saja, dilansir dari situs mataf.net yang menjelaskan 1 bitcoin berapa rupiah menjadikan bisnis bitcoin ini mulai dilirik orang Indonesia juga. Sementara ini 1 bitcoin bernilai sekitar Rp. 36.261.121, 6 atau dibulatkan sekitar Rp. 36.300.000.

Cara Mining Bitcoin Crypto Currency dengan GPU Mining

Banyak cara yang dapat digunakan untuk mining bitcoin. Salah satunya adalah mining bitcoin dengan menggunakan GPU mining. Berikut adalah beberapa langkah-langkahnya.

Persiapkan Perangkat

Sebelum memulai semuanya, mempersiapkan software dan hardware untuk mining merupakan langkah krusial. Hal ini dikarenakan kecocokan hardware dan software akan mempengaruhi performa mining. Sementara performa mining akan mempengaruhi hasil mining itu sendiri. Beberapa contoh perangkat yang dibutuhkan antara lain wallet bitcoin, GUI Miner, Graphic card, akun pool mining, PC yang telah diinstal OS, pendingin, hardware monitor, dan juga koneksi internet.

Konfigurasikan Pool Mining Account

Anda perlu melakukan pencatatan akun penambang Anda pada pool mining Account agar cara mining bitcoin crypto currency dapat berjalan optimal. Jika Anda belum memiliki akun pool mining, tentunya Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Simpan Username dan Password pada GUI Miner

Baca juga   Tempat Jual Beli Bitcoin Terpercaya di Indonesia

Setelah mendapatkan akun, atau jika Anda telah memiliki akun, lakukan segera penyimpanan username dan password pada aplikasi GUI Miner.

Setting GUI Miner Anda

Atur GUI Miner Anda agar mendapatkan bitcoin secara optimal nantinya. Pilih server dengan mengisikan nama akun pool mining. Kemudian pilih kartu Grafis yang akan Anda gunakan sebagai miner. Di sini Anda juga bisa mengatur apakah ingin menggunakan CPU atau tidak dengan mencentang kotak yang tersedia pada aplikasi GUI Miner Anda.

Tambahkan Ekstra Flag

Ekstra flag merupakan konfigurasi tambahan yang mampu digunakan untuk memaksimalkan kinerja kartu grafis yang digunakan untuk mining. Tentu saja harus tetap memperhatikan kesesuaian konfigurasi dengan kartu grafis yang dipakai.

Pilihan ini bersifat opsional. Anda bisa menambahkan ekstra flag jika memang dirasa perlu. Perlu diingat lagi bahwa penambahan ekstra flag juga harus mempertimbangkan jenis dan tipe kartu grafis yang sedang dipakai. Akan tetapi jika Anda kurang yakin dengan masalah ekstra flag, Anda bisa mengosongkannya.

Start Mining

Setelah segala sesuatu yang berkaitan dengan cara mining bitcoin crypto currency telah dipersiapkan dengan baik. Tidak perlu menunggu apa-apa lagi. langsung saja klik tombol start mining pada GUI Miner Anda. Anda dapat melihat status Miner pada status bar di panel bawah aplikasi.

Hentikan Mining ketikan Perangkat Panas

Hardware monitor berfungsi memantau status hardware yang Anda gunakan. Selalu pantau tingkat panas hardware Anda. Hentikan proses mining ketika hardware telah mencapai suhu sekitar 80 derajat celcius. Untuk itu Anda bisa memasang pendingin untuk mengurangi dampak overheat.

Itulah beberapa cara mining bitcoin crypto currency  dengan menggunakan GUI mining. Beberapa orang yang sudah tertarik dengan mining bitcoin bisa menggunakan teknik GUI mining karena mengandalkan kemudahan dalam mendapatkan bitcoin. Sudah tertarik untuk menjadi salah satu bitcoin miner?

Baca juga   Cara Mining Bitcoin Crypto Currency dengan GUI