Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sistem Wick

By | February 16, 2017
Prosedur cara penanaman dengan teknik wick hidroponik sederhana

Belakangan Anda mungkin saja sering melihat beberapa postingan tanaman cantik yang ditanam di dalam botol bekas. Cara ini di sebut hidroponik sistem wick. Bagi masyarakat urban, cara menanam tanaman hidroponik sistem wick bisa menjadi colusi alternatif. Sebenarnya Anda perlu melulu menggunakan botol. Yang terpenting dalam sistem wick, dua dua wadah yang memisahkan media tanaman dengan larutan nutrisi. Berikut adalah tata cara membuatnya.

Cara Menanam tanaman hidroponik sistem wick

  1. Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat hidroponik sistem wick adalah:
  2. Kain flanel
  3. Botol air mineral
  4. Rockwool
  5. Air larutan nutrisi (bisa dibeli di toko tanaman terdekat)

Prosedur cara penanaman dengan teknik wick hidroponik sederhana

  • Media yang Anda butuhkan untuk membuat tanaman hidroponik dengan sistem wick adalah botol air mineral atau dua wadah yang nantinya bisa saling terhubung dengan sumbu. Tapi, menggunakan botol disini merupakan paling mudah. Belah botol menjadi dua bagian lalu lubangi lehernya di kedua sisi. Setelah itu, masukkan kain flanel kemudian masukkan bagian atas botol dengan posisi terbalik.
  • Langkah kedua adalah penyemaian benih dengan memanfaatkan media rockwool. Potong rockwool menjadi beberapa bagian kemudian basahi secukupnya. Masukkan rockwool ke kotak plastik tempat beni nantinya akan disemai. Lubangi rockwool tersebut dan tunggu sampai benih pecah. Bila daun sudah mulai muncul (sekitar empat helai), pindahkan ke media tanam.
  • Cara menanam tanaman hidroponik sistem wick harus menggunakan larutan nutrisi. Larutan nutrisi ini nantinya dimasukkan di botol yang bawah. Setelah itu, pindahkan bibit tanaman tadi ke bagian atas botol dengan posisi kain flanel yang sudah basah dan terhubung dengan tanaman agar penyerapannya lebih mudah.
  • Langkah terakhir, pajang tanaman hidroponik ini di area yang memiliki pencahayaan cukup. Pastikan tidak terlalu terik agar tanaman tidak mati kering.
Baca juga   PILIHAN GREENHOUSE MURAH DAN FUNGSIONAL

Ketika tanaman dalam masa bertumbuh kembang, akar-akar akan menjalar mengikuti kain flanel karena mereka akan mendekat ke arah sumber nutrisi. Untuk itu, pastikan selalu mengecek larutan nutrisi agar tumbuhan hidroponik tidak mengalami kekeringan, terlebih lagi saat bibit tanaman baru dipindahkan ke medianya. Tanaman membutuhkan banyak adaptasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *