Cara Membuat Greenhouse Sederhana Khusus Pembibitan

Bagi para penggiat pertanian, greenhouse menjadi kebutuhan penting saat melakukan pembibitan, karena pada proses ini Anda membutuhkan tempat serta kondisi khusus. Kondisi khusus ini seperti pengaturan kelembapan, intesitas cahaya matahari, hama, media tanam, kemudahan perawatan, penyediaan pupuk dan masih banyak lagi. Sayangnya, karena metode ini masih terdengar asing di telinga, orang berpikir membuat greenhouse itu mahal. Padahal, ada cara membuat greenhouse sederhana tanpa memerlukan banyak usaha dan biaya irit, apa lagi menggunakan banyak bahan.

Cara membuat greenhouse sederhana dari bambu
Greenhouse untuk pembibitan dan karantina membutuhkan peralatan yang sangat sederhana, bahkan untuk pemula bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Berikut adalah bahan dan cara membuat green house mini:

    • Siapkan bambu untuk membuat kerangka greenhouse. Bentuklah kerangka seperti rumah tinggal serta perkuat sambungan kerangka menggunakan bambu agar lebih kuat. Jangan lupa memberikan dudukan benton atau cor pada tiang utama.
    • Apa bila kerangka yang Anda susun sudah selesai, dan sudah dipastikan kokoh, tutup kerangka greenhouse tadi dengan paranet. Untuk kebutuhan paranet ini bisa disesuaikan dengan luas greenhouse yang sudah disusun.
    • Langkah selanjutnya yaitu membuat bedeng-bedeng untuk persemaian. Batasi bedengan tersebut dengan papan agar terlihat lebih rapi. Khusus untuk bendengan yang digunakan untuk karantina tanaman, tutuplah dengan plastik yang sudah dilengkapi kerangka bedengan dengan bentuk melengkung.

Cara membuat greenhouse sederhana di atas terhitung sangat mudah dan tidak terlalu menguras waktu. Yang terpenting, dalam membuat greenhouse, para pemula sering dibingungkan dengan ukuran. Ukuran yang kecil juga akan menyulitkan Anda mengatur temperatur dengan baik. Disarankan ukuran yang ideal untuk sebuah greenhouse adalah 6 kaki x 12 kaki. Namun, apa bila greenhouse Anda hanya untuk pembibitan atau karantina, cara membuat greenhouse sederhana di atas sudah cukup membantu. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan material penutup kerangka greenhouse-nya. Polycarbonate seperti plexiglass dianggap yang terbaik karena memiliki resistensi yang bagus terhadap ultraviolet. Sementara plastik akan lebih mudah rusak. Tidak hanya itu, faktor lain seperti keadaan sekitar perlu dipertimbangkan, apakah lingkungan Anda termasuk area sejuk pegunungan atau panas. Cara ini juga menentukan bahan apa yang perlu disiapkan supaya proses pembibitan dan budidaya tidak gagal.

Baca juga   Cara Memilih Atap Plastik Green House Yang Tepat!