Cara Buat Instant Artikel di Facebook: Solusi Memasarkan Konten

By | May 1, 2020
Instant artikel untuk blogspot

Instant articles merupakan produk dari facebook yang berguna untuk menampilkan website secara interaktif kepada pengguna facebook. Adanya program ini sangat menguntungkan bagi pemilik website karena seperti yang kita tahu bahwa facebook adalah sosial media besar yang memiliki potensi untuk menarik visitor ke website kita. Keuntungan lain yang bisa Anda capai melalui Instant Articles Anda bisa melakukan promosi yang berkaitan dengan bisnis. Produk tersebut sudah diterbitkan sejak April 2016 lalu dan terus mengalami pembaharuan. Cara kerja Instant Articles adalah dengan menyaring konten – konten tertentu dari website untuk mendapatkan kecepatan akses yang tinggi saat dibuka melalui laman facebook. Lalu bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan berikut:

Cara Instant artikel untuk blogspot

Berikut ini tutorial untuk membuat instant artikel untuk blogspot di Facebook:

  1. Untuk mendafatarkan fanpage, Anda perlu mengunjungi https://www.facebook.com/instant_articles/signup, namun jika fanpage Anda tidak ada pada pilihan Anda bisa mendapatkan role Admin atau Editor fanpage terlebih dulu.
  2. Setelah melakukan pendaftaran Anda, buka menu settings fanpage untuk melihat submenu Instant articles.
  3. Lakukan claim alamat website Anda dengan cara memasukkan tag meta dari facebook ke dalam tag <head> website Anda. Ketik URL di bagian “Claim Your URL”. Lalu tap Claim URL.
  4. Proses pendaftaran dan claim URL sudah selesai, selanjutnya Anda bisa memulai untuk mengirim artikel ke facebook. Anda bisa memulai dengan mengirim 10 artikel untuk di review oleh pihak facebook. Untuk yang menggunakan wordpress perlu instal plugin terlebih dahulu sebelum mengirim artikel. Cara mengirim artikel dengan melalui RSS atau API ke facebook dengan format HTML.
  5. Setelah itu Anda akan mendapatkan alamat RSS baru yang akan di submit ke facebook.
  6. Tahap selanjutnya adalah mendesain tampilan artikel Anda yang nantinya akan ditampilkan di facebook. Namun sayangnya belum banyak tema yang bisa Anda pilih pada menu ini. Font secara default hanya Georgia families dan Helvetica saja. Untuk melakukan preview artikel yang Anda submit, dapat dilakukan dengan mengunduh Pages Manager App.
  7. Tahap terakhir adalah submiut review untuk mengirim artikel ke pihak editor facebook, namun sebelumnya pastikan format tampilan sudah sesuai dengan yang ditentukan facebook. Klik Edit > Klik Save, lalu Submit for Review. Tunggu hingga artikel Anda diterima oleh facebook biasanya 3 – 5 hari kerja.
Baca juga   Cara Mendapatkan Uang dari Google Admob, Apa itu Google Admob?

Jika artikel Anda mendapat persetujuan maka Anda akan menerima pemberitahuan resmi dari facebook dan secara otomatis konten yang Anda submit akan diimpor dan Anda bisa mengaktifkan auto-publishing. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa mengarahkan visitor ke website Anda untuk membaca lebih lanjut karena Anda tidak bisa menempatkan sebagian post dalam sebuat Instant Articles.

Itulah sedikit review tentang cara menggunakan instant artikel untuk blogspot yang bisa berguna untuk mempromosikan dan meningkatkan visitor ke blog atau website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *