Cara Berjualan di Shopee Dengan Mudah Untuk Pemula

Platform online shopping semakin tahun semakin bertambah. Marketplace yang berkembang di Indonesia semakin banyak dan menawarkan fitur dan kelebihannya masing-masing. Beberapa marketplace besar seperti bukalapak.com, tokopedia.com, dan yang paling fenomenal akhir-akhir ini, shopee.com.

Shopee merupakan marketplace atau tempat berkumpulnya para penjual dari berbagai daerah untuk menawarkan produknya. Konsepnya seperti mall, jadi Shopee merupakan mall yang di dalamnya terdapat beberapa toko yang menjual beberapa produk. Keunggulan Shopee yang diagungkan antara lain adalah shopee gratis ongkir. Jadi untuk biaya pengiriman tidak akan dibebankan pada pembelinya. Berikut merupakan cara berjualan di shopee akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Berjualan di Shopee

Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula

  1. Tentukan Produk yang akan Ditawarkan
    Produk yang akan ditawarkan merupakan komponen utama dari sebuah online shop. Apapun produk yang akan Anda tawarkan usahakan Anda telah mempertimbangkan bagaimana pengirimannya, dan aspek kualitasnya.
  2. Download Aplikasi Shopee
    Setelah produk yang ditawarkan sudah siap, maka cara berjualan di Shopee selanjutnya adalah dengan mengunduh aplikasi shopee pada piranti yang Anda gunakan. Untuk saat ini paling mudah adalah mendownload shopee dari smartphone. Anda hanya tinggal mendownload aplikasi shopee dari Google Play Store dan membiarkan smartphone Anda
    memasangnya untuk Anda.
  3. Proses Registrasi
    Setelah aplikasi telah selesai diunduh pada smartphone Anda, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses registrasi atau pembuatan akun pada Shopee. Isikan data pribadi, seperti nama, kontak yang dibutuhkan, dan alamat jelas.
  4. Tab Penjual
    Untuk cara berjualan di Shopee yang dilengkapi dengan fitur gratis ongkirnya. Anda hanya perlu klik pada tab penjual untuk mulai menjual dan mempromosikan produk Anda. Ambil foto produk yang akan Anda jual di Shopee, kemudian tambahkan deskripsi mengenai produk dan harga produk tersebut.
Baca juga   Cara Membuat Iklan Adwords, Gampang dan Menguntungkan!

Jangan lupa untuk selalu memposting produk Anda pada kategori yang sesuai. Hal ini akan memudahkan pembeli dalam mencari produk Anda dan memberikan peluang calon pebeli kepada Anda.

Fitur Shopee

  1. Kategori yang Lengkap
    Kategori yang sangat lengkap telah disediakan pada aplikasi Shopee. Hal ini diharapkan untuk memudahkan para penjual dan pembeli dalam menemukan produk-produk sejenis.
  2. Fitur Chat
    Jika terdapat calon pembeli yang tertarik dan ingin melakukan diskusi lebih lanjut pada produk Anda, maka Anda dan calon pembeli tersebut dapat memanfaatkan fitur chat yang ada pada Shopee. Umumnya, calon pembeli akan menanyakan harga atau ketersediaan barang pada penjual.
  3. Fitur Auto-reply
    Fitur auto-reply memungkinkan Anda untuk membalas pesan dari calon pembeli dengan pesan yang sudah Anda atur sebelumnya. Anda dapat mengaktifkannya pada menu pengaturan pada aplikasinya. Anda dapat memanfaatkan fitur auto-reply ini untuk memberikan respon cepat pada jam-jam yang tidak terduga.
  4. Fitur Keamanan
    Keamanan bertransaksi di Shopee tergolong baik. Pembayaran akan diterima oleh penjual ketika pembeli sudah menerima pembayaran. Dengan demikian, sudah ada sistem semacam rekening bersama agar kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli merasa aman dalam melakukan transaksi jual-beli di shopee.
  5. Gratis Ongkir
    Selain cara berjualan di Shopee yang relatif mudah, di sisi pembeli Anda juga bisa merasakan keuntungan yang tiada tara. Keunggulan gratis ongkir ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli. Kendati demikian, penjual juga tidak dirugikan karena mereka tidak harus mengeluarkan biaya kirim ketika mengirimkan barang pesanannya.

Nah, itulah beberapa cara berjualan di Shopee yang tentunya mudah. Tentunya hal ini akan membantu para entrepreneur pemula maupun yang sudah advanced untuk mempromosikan produknya di marketplace agar produknya dapat dipasarkan dengan baik.

Baca juga   Tips Menjadi Gamers Profesional dan Terkenal di Sosial Media