Mengulas Bisnis Hidroponik yang Menguntungkan!

By | December 11, 2016
budidaya Hidroponik

Melakukan atau terjun dalam dunia bisnis merupakan hal yang menantang sekaligus membuat penasaran. Bisnis bukan hanya mengenai meraup keuntungan, tetapi juga mempelajari bidang-bidang tertentu secara lebih profesional. Salah staunya ialah bisnis Hidroponik yang dapat memberi penghasilan jutaan dalam setiap bulannya. Bisnis ini dapat dijalani oleh siapa pun dan cocok bagi Anda yang menyukai dunia tumbuhan. Selain mendapatkan untung, berbisnis bidang tanaman Hidroponik juga akan melatih keahlian dalan menanam atau berkebun. Sebelum membahas mengenai bisnis ini, mari paham unsur-unsur utama dalam penanaman tanaman menggunakan metode Hidroponik.

  1. Unsur-Unsur Penting Dalam Penggunaan Metode Hidroponik
    Unsur berikut mendukung pemakaian metode Hidroponik dalam penanaman:
    a. Air
    Sebagai media utama, keberadaan air sangatlah penting. Metode ini bisa saja tidak cocok dan tiidak direkomendasikan pada lingkungan yang memiliki jumlah air terbatas atau kering. Air yang digunakan bukan semabarang air melainkan air bersih yang dicampur dengan nutrisi.
    b. Bibit
    Bagaimana sebuah tanaman akan tumbuh bila tidak ada bibitnya? Bibit sangatlah penting dalam sebuah proses penanaman. Kualitas bibit dapat berpengaruh besar dengan hasil dari penanaman itu sendiri. Cara agar budidaya Hidroponik menghasilkan hasil yang sesuai harapan, pilihlah bibit yang unggul dan sudah terbukti memiliki hasil tanaman Hidroponik yang berkualitas.
    c. Oksigen
    Meski menggunakan media utama air, tanaman Hidroponik juga membutuhkan kadar oksigen yang cukup. Penyaluran oksigen dalam metode ini bermacam-macam tergantung pada teknik yang diterapkan. Misalnya dengan teknik Water Culture System yang menyalurkan oksigen dengan pompa oksigen aquarium.
  2. Kelebihan Dari Memilh Bisnis Tanaman Hidroponik
    Anda mungkin masih bingung atau penasaran dengan apa saja kelebihan dari bisnis yang satu ini. Kelebihan dari memilih bisnis tanaman Hidroponik di antaranya:
    a. Semakin banyak konsumen dari tanaman Hidroponik
    Dengan semakin sadarnya akan kesehatan, masyarakat Indonesia kini semakin banyak yang memilih mengkonsumsi asupan yang lebih bersih dan sehat contohnya sayuran organik. Metode Hidrponik digunakan dalam menanam sayuran organik.
    b. Dapat disesuaikan dengan kondisi
    Dalam budidaya tanaman Hidroponik Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi yang dimiliki seperti keterbatasan lahan. Bahkan bisnis ini dapat dikerjakan di rumah dan memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong. Untuk menjadi pengusahan tanaman, Anda tidak perlu lagi membeli tanah berhektar-hektar untuk menanam.
    c. Mudah dikembangkan
    Bisnis tanaman dengan metode Hidroponik mudah dikembangkan. Baik dari segi peluang usaha atau juga dalam proses penanaman.
  3. Tips Menjalani Bisnis Tanaman Hidroponik
    Sedikit saran bagi Anda yang ingin mencoba, mulailah mengasah keahlian dengan jenis atau teknik menanam Hidroponik yang termudah. Sesuaikan dengan media yang dimiliki. Pilihlah tanaman yang kira-kira cocok ditanam di lingkungan tersebut. Itu dia ulasan singkat mengenai bisnis Hidroponik dan semoga membantu.
Baca juga   Cara Bertanam Hidroponik Sayuran yang Produktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *