Atap Plastik UV VS Paranet, Mana Yang Terbaik?

By | February 5, 2017
Harga plastik UV per roll

Geenhouse merupakan media penting dalam dunia pertanian karena fleksibilitasnya dalam mengontrol lingkungan, termasuk intesitas sinar matahari. Ini penting, karena dalam beberapa kasus, seperti pembibitan, sinar ultraviolet tidak terlalu dibutuhkan. Disamping itu, greenhouse akan meminimalisir masuknya hama. Untuk itu, dibutuhkan dinding dan atap yang transparan sekaligus mampu mengakomodir sinar dan suhu di dalam greenhouse. Atap plastik UV merupakan jenis atap yang paling sering dipakai karena Harga plastik UV per roll relatif lebih terjangkau dengan berbagai ketebalan dan jenis.

Atap plastik UV untuk greenhouse ini berbeda dengan kebanyakan plastik regular karena dilapisi bahan kimia tertentu agar mampu menahan sinar ultraviolet. Fungsi plastik UV ini untuk melindungi tanaman agar tidak cepat rusak, tapi masih bisa mendapatkan sinar matahari. Di Indonesia sendiri, toko yang jual plastik UV sendiri memiliki beberapa jenis; 6%, 8% dan 12%. Ketebalannya pun berbeda, antara 150-200 micron.

Angka-angka (%) pada bahan atap plastik UV ini menunjukan kadar kimia yang melapisinya. Apa bila prosentase yang dimiliki semakin besar, maka kemampuannya dalam menahan sinar ultraviolet akan jauh lebih baik.

Apa bedanya atap plastik UV dan paranet?
Paranet terbuat dari bahan polietilen yang didesain seperti jaring. Bahan polietilen ini terbuat dari plastik atau kawat. Keuntungan menggunakan paranet adalah mudahnya diangkat sehingga lebih mudah di tata. Kerapatan paranet sendiri berbeda-beda. Ada yang memiliki kerapatan 40%, 50%, 55% hingga 90%. Kerapatan ini menunjukkan intesitas matahari yang bisa masuk. Untuk itu, apa bila memutuskan memilih paranet ketimbang atap plastik, pastikan mengetahui intensitas cahaya yang dibutuhkan.

Paranet sangat cocok untuk beberapa tanaman seperti anggrek, lettucem strawberry, mawar dan anyelir. Untuk sayuran, jenis sawi adalah yang paling cocok dibudidaya dengan atap paranet.

Baca juga   LEBIH MURAH NAMUN TETAP INDAH, PILIH GREEN HOUSE BAMBU!

Sayangnya, penggunaan paranet ini tidak bisa se-fleksibel atap rumah plastik terlebih untuk area yang berangin . Kelebihannya paranet kebanyakan lebih tahan lama dari pada plastik, sehingga lebih cocok untuk Anda yang akan melakukan budidaya jangka panjang. Namun demikian, di daerah khusus, atap plastik UV memiliki kelebihan sendiri karena tanaman bisa jauh lebih terlindung dari serangan jamur dan hama. Sementara paranet, bila Anda tidak jeli memilih kerapatannya, bisa-bisa proses pertanian mengalami banyak masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *