Yuk, Lihat Analisa Usaha Hidroponik Rumahan sebelum Memulai Usaha

By | December 10, 2016
analisa usaha Hidroponik

Keterbasan lahan menjadi alasan utama seseorang ragu untuk terjun ke dunia menanam. Padahal sistem atau metode seperti Hidroponik dapat dicoba. Apa itu Hidroponik? Hidroponik adalah sistem atau metodem menanam dengan media utama berupa air. Kini sistem atau metode ini semakin dilirik dan dipilih sebagau usaha rumahan. Mari kita sama-sama analisa usaha Hidroponik yang memiliki kelebihan tersendiri. Apa saja kelebihan dari usaha dengan menggunakan metode tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Hidroponik menghemat pemakaian lahan
    Seperti yang sudah disebutkan, keterbatasan lahan merupakan masalah yang sering dihadapi seseorang ketika ingin mencoba dunia menanam. Sistem atau metode Hidroponik dalam penanaman menjadi solusi yang sangat bermanfaat. Berbeda dengan menanam menggunakan media utama tanah, menanam dengan media utama air bahkan dapat diatur posisinya seperti bertumpukan sehingga pemakaian lahan yang kecil pun dapat dilakukan. Maka dari itu usaha Hidroponik pas sebaga usaha rumahan.
  2. Hemat penggunaan pupuk dan air
    Kelebihan berikutnya ialah dengan menanam menggunakna metode Hidroponik, penggunaan pupuk tidak sebanyak seperti menanam dengan media tanah. Selain itu karena media utamanya sudah air, pemakaian air pun tidak begitu banyak atau bisa dikatakan dalam usaha Hidroponik rumahan tidak membutuhkan penyiraman air secara rutin.
  3. Tidak terlalu bergantung dengan lokasi
    Metode menanam dengan sistem Hidroponik tidak membutuhkan lokasi tertentu. Kebutuhan pencahayaan dengan cara ini juga tidak begitu harus di bawah terik matahari. Bila Anda memiliki taman kecil di belakang rumah yang sedikit tertutup, Anda masih dapat menanam dengan metode ini.
  4. Memperkecil munculnya hama
    Kelebihan yang berikutnya dari menanam dengan metode ini ialah memperkecil munculnya hama. Berbeda dengan menanam dengan media utama tanah di mana hama lebih suka tumbuh di tanah. Kemungkinan resiko rusaknya tanaman yang ditanam lebih kecil.
  5. Tanaman lebh cepat tumbuh dan harga jual lebih mahal
    Terakhir, kelebihan dari menggunakan sistem atau metoder menanam Hidroponik ialah tanaman lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan menanam menggunakna media utama tanah. Selain itu harga jual dapat lebih mahal apa lagi bila tanaman berjenis tanaman organik. Hal ini akan mendatangkan keuntungan dalam usaha Hidroponik rumahan bila Anda ingin mencobanya.
Baca juga   Pilih Tempat Jual Nutrisi Hidroponik dan Peralatannya

Pada dasarnya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan usaha yang berupa menanam tanaman Hidroponik juga tidak begitu mahal. Tergantung dengan skala dan pilihan. Usaha tanaman Hidroponik dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Apa lagi bila Anda memang pecinta tanaman dan gemar mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan organik. Kini usaha ini semakin dilirik dan hasil tanamnya juga semakin diminati karena lebih bersih serta sehat. Itu dia sedikit ulasan seputar analisa usaha Hidroponik dan semoga menambah informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *