Alat Dan Bahan Hidroponik Sederhana yang Diperlukan

By | August 17, 2016
alat hidroponik

Ada banyak cara untuk membudidayakan tanaman atau tumbuhan. Salah satunya yaitu dengan memakai sistem Hidroponik. Apa itu sistem Hidroponik dalam membudidayakan tanaman atau tumbuhan? Sistem Hidroponik merupakan sebuah cara untuk menanam dengan mengandalkan media utama berupa air. Ada beberapa alat dan bahan Hidroponik yang perlu disediakan bila Anda ingin memakai sistem yang satu ini. Berikut alat dan bahannya.

  1. Benih dan Rockwool
    Untuk menam tanaman atau tumbuhan kita memang membutuhkan benih sebagai bahan utama. Benih yang ditanam dalam sistem Hidroponik berbedadengan benih tanaman yang ditanam dengan media tanah. Benih tanaman Hidroponik biasanya dibandrol dengan harga yang terjangkau dan dijual bungkusan. Pilihlah benih unggul dan berkualitas agar menghasilkan tanaman yang memuaskan. Sementara rowckwool adalah wadah untuk menyemai benih tersebut.
  2. Netpot dan Kain Panel
    Yang berikutnya sebagai alat Hidroponik ialah netpot. Netpot adalah tempat untuk memasukan rockwool. Penggunaan netpot dapat digantikan dengan gelas plastik bekas minuman kemasan yang telah diberi lubang-lubang. Untuk mengalas netpot, gunakan kain panel. Kain panel tersebut juga berfungsi sebagai sumbu.
  3. Styrofoam
    Pakailah styrofoam untuk memasukan netpot.
  4. Ember dan Nutrisi Hidroponik
    Keberadaan ember atau wadah khusus yang dipakai sebagai tempat nutrisi sangat penting. Kebersihan alat yang satu ini juga menentukan kebersihan tanaman Hidroponik yang ditanam. Ember yang kotor akan menyebabkan tumbuhnya bakteri yang mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Selain ember, Anda juga dapat menggunakan paralon. Setelah emmastikan ember/paralon bersih, masukan nutrisi Hidroponik yang dapat dibeli di toko tanaman dan sudah dicampurkan dengan air bersih sesuai takaran.

Lalu apa saja tanaman yang dapat ditanam dengan sistem ini? Anda dapat memilih tanaman seperti Selada, Timun, Cabe, Tomat, Daun Mint, Daun Basil, atau juga bunga-bunga seperti Mawar serta Anggrek.

Baca juga   Mengenal Apa Itu Hidroponik Dan Bagaimana Cara Menanam dengan Metode Ini

Itu dia beberapa alat dan bahan Hidroponik sederhana yang dapat dipakai dalam membudidayakan tanaman atau tumbuhan dengan sistem Hidroponik. Untuk penanaman sekala besar, biasanya alat dan bahannya lebih banyak dan lebih profesional lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *